• Latest News

    Thursday, October 17, 2013

    Inilah Lima Klub Olahraga Milik Erick Thohir


    Pengusaha asal Indonesia, Erick Thohir, mengakuisisi saham mayoritas Inter Milan. Sebelumnya, Thohir sudah memiliki empat klub olahraga. Apa saja?

    Proses akuisisi mayoritas saham Inter Milan antara Presiden Massimo Moratti dan Erick Thohir berlangsung alot. Proses tersebut dimulai pada awal Juni lalu.

    Kala itu, Thohir ingin menguasai 100 persen saham Inter. Namun, Moratti bergeming hanya akan melepas 40 persen saham miliknya. Setelah proses tarik ulur yang panjang, Moratti pada Selasa (15/10/2013) waktu setempat, bersedia melepas 70 persen saham Nerazzurri.

    Sikap Moratti ini didasari harapannya mendapatkan suntikan dana segar untuk membangun proyek jangka panjang, seperti stadion baru dan membeli pemain guna membangun skuad yang tangguh.

    Ya, selain pendiri Mahaka Group, yang bergerak di bidang hiburan,televisi, radio dan surat kabar, Thohir mulai melebarkan sayapnya ke bidang bisnis olahraga. Sebelum Inter, Thohir telah memiliki empat klub olahraga.

    1. Inter Milan.

    Pada Selasa (15/10/2013) waktu setempat, Moratti sepakat melepas 70 persen saham Inter Milan kepada International Sports Capital (ISC), perusahaan yang dimiliki Thohir bersama dua rekan lainnya, Rosan Roeslani dan Handy Soetedjo.

    Hingga kini, besarnya nilai akuisisi 70 persen saham tersebut masih menjadi tanda tanya. Gazzetta Dello Sports mengklaim sebesar 300 juta Euro (4,5 triliun Rupiah). Sementara, Tuttosport melansir sebesar 260 juta Euro (3,9 triliun Rupiah).

    Forbes melansir Thohir mengontrol 35 persen saham Inter Milan, Moratti 30 persen, dan sisanya dibagi bersama Rosan dan Handy.

    "Hari ini adalah hari yang istimewa dalam hidup saya. Saya menghargai Tuan Moratti memercayakan saya memimpin Inter ke babak baru dan saya akan sangat senang Moratti terus menjadi mitra kerja di masa depan," ujar Thohir, di situs resmi klub.

    "Tugas hebat yang telah dilakukan Moratti dan keluarga besarnya, dari rekor yang diciptakan Angelo Moratti hingga treble winners bersama Massimo Moratti, menjadikan Inter salah satu klub yang dihormati di dunia," katanya.

    Pada 28 Oktober nanti, akan didadakan rapat direksi yang kemungkinan besar membicarakan langkah klub ke depan dan posisi Thohir bersama Nerazzurri.

    2. Philadelphia 76ers


    Sebelum menggebrak dengan akuisisi saham mayoritas Inter, Thohir sudah lebih dulu membeli klub National Basketball Association (NBA) hiladelphia 76ers pada 18 Oktober 2011 lalu.

    Thohir membeli klub Philadelphia 76ers oleh sebuah grup yang dipimpin Joshua Harris bernama Comcast-Spectacor.

    Hal itu menjadikan Thohir dan rekannya, Handy Soetedjo, sebagai prang Asia pertama yang memiliki klub NBA. Para investor baru lainnya adalah David Blitzer selaku co-managing owner, CEO Adam Aron, Martin Geller, David Heller, Travis Hennings, James Lassiter, Marc Leder, Jason Levien, Michael Rubin, pasangan artis Will Smith & Jada Pinkett Smith, dan Art Wrubel.

    Mereka semua membeli The 76ers dari grup Comcast-Spectators seharga 280 juta dolar AS (3,07 triliun Rupiah). Kesepakatan pembelian tersebut adalah 100 persen franchise atas kepemilikan The 76ers dan tidak termasuk Tim NHL Flyers, yang juga milik Comcast Spectacor dan juga Wells Fargo Center yang merupakan home base kedua tim profesional tersebut.

    3. DC United.

    Erick mengakusisi DC United bersama tiga orang rekannya, yakni Jason Levien (salah satu pemilik klub NBA Philadelphia 76ers), Will Chang (investor D.C. United sebelumnya), dan Kevin Payne (Presiden klub DC United).

    Proses akuisisi tersebut rampung pada 12 Juli 2012. Meski membeli bersama tiga rekannya, Thohir kabarnya memiliki saham paling besar.

    Keputusan Erick membeli saham DC United bukan tanpa alasan. Ia memiliki sebuah impian dan cita-cita besar. Salah satunya adalah dengan memboyong Syamsir Alam, pesepakbola muda Indonesia, berkompetisi di MLS, Liga Amerika Serikat.

    DC United sendiri merupakan pemegang empat kali gelar juara MLS, yaitu tahun 1996, 1997, 1999 dan 2004 dan tiga kali memenangkan amar Hunt U.S. Open Cup pada 1996, 2008, dan 2013.

    4. Indonesia Warriors.

    Pada tahun 2009, Erick bersama pengusaha asal Malaysia, Tony Fernandes, melakukan gebrakan dengan membuat ABL, ASEAN Basketball League. Kompetisi ini beranggotakan klub-klub dari negara-negara Asia Tenggara.

    Total ada enam klub yang berkompetisi, Satria Muda BritAma (Indonesia), the Westports KL Dragons (Malaysia), the Singapore Slingers (Singapore), the Brunei Barracudas (Brunei), the Thailand Tigers (Thailand) and the AirAsia Philippine Patriots (Philippines).

    Satria Muda pada akhirnya berubah nama menjadi Indonesia Warriors karena ada peraturan ABL yang mengharuskan klub yang sama tidak bisa berlaga di dua ajang yang berbeda. Jadi, Satria Muda tetap berlaga di NBL dan Indonesia Warriors tampil di ABL.

    5. Satria Muda.

    Erick, yang gemar bola basket, pernah menjabat sebagai Ketua Umum PERBASI periode 2006–2010 dan menjabat sebagai Presiden Southeast Asian Basketball Association (SEABA) selama dua kali, yaitu periode 2006/2010 dan 2010/2014.

    Satria Muda adalah juara turnamen Liga Bola Basket Indonesia pada tahun 2006 dan meraih peringkat kedua pada kompetisi bola basket Sister City di Jakarta pada tahun yang sama.

    Di musim reguler IBL 2006 Satria Muda kembali tampil sebagai juara setelah mengalahkan Aspac Putra Riau 2-0 dalam final yang menggunakan format game the best of three. Staria Muda meraih gelar juara NBL pada 2012 etelah mengandaskan perlawanan Dell Aspac Jakarta di babak grand final 59-42.

    Tak hanya itu, Erick yang merupakan bos Mahaka Grup itu juga memiliki jabatan penting di Persib Bandung. Yakni sebagai Wakil Komisaris Utama PT Persib Bandung Bermartabat. (Sumber: INILAH.COM, )
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Inilah Lima Klub Olahraga Milik Erick Thohir Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top