• Latest News

    Friday, November 1, 2013

    Australia Tanggapi Serius Tudingan Penyadapan



    TEMPO.CO , Perth: Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan pemerintahnya menanggapi serius kekhawatiran Indonesia atas laporan media soal penyadapan oleh Australia. Tuduhan tersebut ditanyakan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa kepada Bishop saat keduanya bertemu di Perth, Jumat, 1 November 2013.

    Situs BBC melaporkan, Marty mengatakan kepada Bishop bahwa tuduhan penyadapan sangat mengkhawatirkan dan tidak bisa diterima. "Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa telah menyampaikan kekhawatirannya atas tuduhan yang dimuat di media kepada saya, dan saya menanggapi tuduhan tersebut dengan serius," kata Bishop, Jumat, 1 November 2013.

    Meski begitu Bishop menolak mengomentari tuduhan tersebut dan mengatakan pemerintah Australia tidak akan menanggapi masalah intelijen. "Menteri Luar Negeri Natalegawa dan saya bekerja sama secara konstruktif dalam masalah ini dan sejumlah masalah lain," ujar Bishop.

    Sebelumnya media Australia, Sydney Morning Herald, melaporkan bahwa kedutaan Australia di Jakarta diketahui melakukan kegiatan spionase terhadap Indonesia. Kabar ini didapatkan selang sehari setelah kegiatan serupa juga diketahui dilakukan kedutaan Amerika di Jakarta. "Australia sudah lama memata-matai negara tetangga, khususnya Indonesia. Dan kita telah lama berusaha mengambil keuntungan dari itu dalam diplomasi," demikian ditulis Sydney Morning Herald kemarin.

    TEMPO.CO

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Australia Tanggapi Serius Tudingan Penyadapan Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top