• Latest News

    Wednesday, November 20, 2013

    Bagaimana Kapal Selam Hitler U-Boat Bisa ‘Bertualang’ Sampai ke Karimun Jawa?

    Kapal selam legendaris milik Jerman U-Boat 168 ditemukan di dasar laut perairan Karimun, Jepara, Jawa Tengah. Bangkai kapal itu sudah terbelah dua, bagian buritan sudah tak ada lagi. Pada 4-17 November tim Arkeologi Nasional melakukan penelitian.
    “Kapal ini dahulu mungkin ditembak dengan torpedo oleh sekutu, Belanda, sekitar tahun 1944,” jelas peneliti Pusat Arkeologi Nasional, Shinatria Adhityatama, Selasa (19/11/2013).
    Shinatriya mengaku dirinya sudah mendengar lama soal kisah kapal U-Boat milik Jerman ini. Penelusuran dia, berdasarkan data di Jerman, memang ada dua kapal selam milik tentara Hitler yang tak selamat di Laut Jawa. Dua kapal itu sempat mengirimkan sinyal sebelum tenggelam.
    “Ini kapal buatan 1942, kapal ini biasa jarak jauh. Mungkin ini terkait dengan resimen Monsoon Group,” jelas dia.
    Dua tahun lalu, Shinatriya menyelam bersama temannya Mada Ramadan di kawasan itu. Beberapa nelayan memberitahu kalau ada bangkai kapal selam di bawah laut di sekitar Karimun. Kemudian, jebolan Arkeologi UI ini melakukan penyelidikan literatur.
    Hingga pada November 2013 ini, dengan dukungan peneliti senior Pusat Arkeologi Nasional yakni Priyatno Hadi dan Bambang Budi Utomo mereka bergerak mencari lokasi bangkai kapal selam itu. Kapal itu ditemukan di perairan Karimun, berjarak 10 jam dari Pulau Karimun. Butuh beberapa kali penyelaman sebelum akhirnya menemukan titik bangkai kapal. Tim menyewa sebuah kapal sembako untuk melakukan pencarian.
    “Ini mungkin jejak Jerman di Indonesia. Mereka kabarnya ikut membantu Jepang menjaga kawasan Asia Pasifik dari sekutu. Mereka juga punya pelabuhan dok di Surabaya, Jakarta, dan Penang,” terang dia.

    Gambar Bagaimana Kapal Selam Hitler U Boat Bisa Bertualang Sampai ke Karimun Jawa?  U Boat karimun jawa Kapal Selam Hitler  U534
    U-534, Birkenhead Docks, Merseyside, England (en.wikipedia.org)
    Kapal U-Boat ini dimasanya cukup disegani. Dengan kekuatan U-Boat ini, Hitler sempat merajai dunia, angkatan perangnya amat kuat. Tak heran kalau dia sampai mengirimkan bala bantuan untuk Jepang.
    “Kapal itu mungkin disergap sekutu di Laut Jawa,” tutupnya. (detik)
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bagaimana Kapal Selam Hitler U-Boat Bisa ‘Bertualang’ Sampai ke Karimun Jawa? Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top