• Latest News

    Wednesday, November 13, 2013

    Diguyur Hujan Deras, Begini Nasib Jakarta

    - Gambar Ilustrasi.


    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hujan deras yang mengguyur wilayah ibu kota dan sekitarnya pada Selasa (12/11) sore, menyebabkan sekitar 80 rumah di Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur terendam banjir. Bahkan, banjir akibat luapan Kali Baru ini juga ikut merendam sebagian badan Jl Raya Bogor hingga menyebabkan kemacetan sepanjang dua kilometer.
    Luapan Kali Baru ini juga merendam ke ujung Jl Raya Condet, tepatnya di depan Masjid Al Hawi. Genangan setinggi 50 sentimeter itu juga menyebabkan kemacetan di Jl Raya Condet hingga Jl Dewi Sartika, Cawang.
    Ketua RT 03/15 Kelurahan Cililitan, Jatimun (48) mengatakan, air mulai menggenangi puluhan rumah warga sejak pukul 18.30. Ketinggian air semakin menjadi sekitar pukul 20.00 hingga ketinggian 60 sentimeter. "Banjir ini akibat luapan Kali Baru. Ditambah Pintu Air Cililitan banyak terdapat sampah sehingga air tumpah ke pemukiman warga," ujar Jatimun, Selasa (12/11) malam, seperti dilansir situs beritajakarta.
    Selain banyaknya sampah di pintu air, banjir juga dipicu kiriman air dari wilayah Bogor, Jawa Barat. Untuk itu, dirinya berharap instansi terkait segera melakukan pengerukan serta pembersihan sampah di Pintu Air Cililitan maupun Kali Baru.
    Camat Kramatjati, Dian Furwanto mengatakan, pihaknya masih menyelidiki penyebab terjadinya banjir tersebut. Dirinya menduga banyaknya sampah dan balok di Pintu Air Cililitan menjadi penyebab sehingga air yang mengalir menjadi kurang maksimal karena terhalang sampah. "Kami langsung kerahkan petugas untuk mencari sumber pemicu genangan. Kemudian, pintu air kecil di saluran penghubung itu juga harus ditutup. Sebab, kalau dibuka jadi pemicu banjir juga," ujar Dian saat meninjau banjir di Cililitan.
    Dikatakan Dian, akibat banjir ini, sekitar 80 rumah yang tersebar di RT 01-05 RW 15 Kelurahan Cililitan terendam banjir. Saat ini, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait agar banjir tidak terulang kembali di kemudian hari.
    Sementara itu, pantuan beritajakarta.com, kemacetan parah terjadi di Jl Raya Bogor sepanjang dua kilometer. Banjir juga menyebabkan kemacetan di Jl Raya Dewi Sartika hingga sepanjang 1,5 kilometer dan di Jl Raya Condet hingga sepanjang dua kilometer.

    Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/13/11/13/mw67bs-diguyur-hujan-deras-begini-nasib-jakarta
    Diakses tanggal 13/11/2013 pukul 04:57 WIB
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diguyur Hujan Deras, Begini Nasib Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top