• Latest News

    Wednesday, November 13, 2013

    Gunung Thor Sungguhan Ada!


    Di benak kebanyakan orang mungkin Gunung Thor hanya ada di film superhero. Nyatanya tidak, gunung granit ini sungguhan ada di Kanada. Lewat tebingnya yang kokoh, turis akan dibawa seolah masuk ke alam sang dewa petir.

    Sebuah pesawat dengan 3 awak penumpang melesat di ketinggian. Dengan kecepatan penuh, pesawat ini masuk di lubang antara dua tebing batu. 3 Penumpang pun terombang-ambing dan terlempar keluar begitu pesawat berhasil lolos dari lubang tersebut.

    Kini Thor, Jane Foster, dan Loki yang menjadi penumpang pesawat berada di dunia yang berbeda. Sebuah gunung batu tinggi terpampang di hadapan tanpa pepohonan. Nuansa mencekam pun langsung terasa seketika.

    Itulah sepenggal kisah yang ada di dalam film 'Thor: The Dark World'. Bagi kebanyakan orang, mungkin gunung semacam ini hanyalah animasi yang dibuat dalam film. Nyatanya tidak.

    Ditengok dari CN Traveler, Selasa (12/11/2013) Gunung Thor sungguhan ada, tepatnya di Taman Nasional Auyuittuq, Pulau Baffin, Nunavut, Kanada. Gunung ini biasanya disebut sebagai Puncak Thor. Suasananya mirip seperti yang ada di film Thor.

    Di dalam Pegunungan Baffin ini, sebenarnya ada beberapa gunung granit. Hanya saja, Gunung Thor inilah yang paling terkenal dibanding gunung lain karena memiliki ketinggian tebing hingga 1.250 meter. Gunung Thor pun tampak seperti gunung yang dipotong lurus dari atas ke bawah.

    Gunung Thor pun menjadi gunung dengan dinding vertikal tertinggi di dunia. Bahkan, tingginya mengalahkan gedung Burj Khalifa yang memiliki tinggi 828 meter.

    Sayangnya, lokasi gunung ini cukup jauh dan terpencil. Mungkin karena itulah tak semua wisatawan mengetahui atau mungkin sampai di gunung ini.

    Terlepas dari itu semua, Gunung Thor jadi destinasi yang paling digemari banyak pendaki. Tingkat kemiringan yang cukup ekstrem, yakni 105 derajat, jadi salah satu tantangan traveler.

    Gunung Thor pertama kali didaki oleh Club Alpine Kanada pada tahun 1965. Kemudian, pada Juli 2006, Gunung Thor kembali ditaklukkan oleh pendaki. Namun kali ini oleh tim asal AS.

    Ketika musim salju tiba, kegagahan gunung batu ini seolah tertutup oleh salju putih. Sepanjang mata memandang yang tampak hanyalah tumpukan salju. Namun jika musim salju usai, bersiaplah melihat kegaharan Gunung Thor yang sesungguhnya.

    Sampai saat ini, Gunung Thor masih jadi tempat favorit pendaki. Tak hanya itu, gunung ini juga jadi tujuan favorit pada pecinta olahraga paragliding. Bayangkan betapa serunya bisa terbang dari ketinggian sambil melihat kegagahan Gunung Thor.

    Sumber: http://travel.detik.com/read/2013/11/12/120841/2410398/1520/2/gunung-thor-sungguhan-ada
    Diakses tanggal 13/11/2013 pukul 05:12 WIB
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gunung Thor Sungguhan Ada! Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top