• Latest News

    Tuesday, November 19, 2013

    Jokowi Minta 1.000 Bus Baru, DPRD DKI Hanya Setujui 650

    JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semula ingin mendatangkan 1.000 bus transportasi umum di Ibu Kota, yakni 500 unit bus sedang dan 500 unit bus transjakarta. Namun, kenyataannya Pemprov DKI hanya dapat mendatangkan sebanyak 650 bus saja di akhir 2014 ini. Mengapa demikian?

    Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengungkapkan, ada dua penyebab pihaknya hanya mendatangkan sebanyak 650 bus. Menurutnya, letak persoalannya ada di DPRD DKI Jakarta dan proses lelang.

    "Pertama, pengadaan bus kan perlu persetujuan dewan. Oleh mereka dikurangi. Alasannya dana dialokasikan untuk kepentingan yang lain," ujarnya di Balaikota, Selasa (19/11/2013).

    Faktor kedua, lantaran telatnya pengesahan APBD tahun 2013 sehingga waktu memasukkan rencana pengadaan bus ke APBD 2013 pun ikut telat. Akibatnya, proses lelang pun molor lama. Belum lagi, terdapat sanggahan pada proses lelang bus tersebut. Akibat rapatnya waktu penggunaan anggaran, waktu yang dibutuhkan pemenang proyek untuk melakukan pemesanan armada bus di pabrik punsangat mepet. Alhasil, jumlah bus berkurang.

    "Ya, iyalah, coba pesan dari satu tahun sebelumnya dipesan ke pabriknya, kan pasti bisa dapat 1.000 bus. Kalau mepet begini ya ndak bisalah," ujar pria lulusan Universitas Gadjah Mada itu.

    Kendati demikian, Jokowi mengaku telah merencanakan pengadaan bus sedang dan bus transjakarta di APBD 2014 yang akan datang. Pengadaan transportasi umum untuk mengurangi kemacetan di DKI Jakarta memang telah menjadi komitmennya.

    "Makanya, kalau saya bilang mau diadakan berapa bus itu jangan dikira akan segitu juga. Kan itu yang kita usulkan, nanti di dewan disunat berapa, prosesnya gimana kita ndak tahu," ujarnya.

    Pengadaan 650 bus tersebut diketahui tiba di Jakarta pada Desember 2014 mendatang. Bus tersebut merupakan produksi China.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jokowi Minta 1.000 Bus Baru, DPRD DKI Hanya Setujui 650 Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top