• Latest News

    Tuesday, December 3, 2013

    Djohar: Banyak Akademi & SSB, Indonesia Bisa Berprestasi dalam 5 Tahun

    Malang - Indonesia disebut Djohar Arifin Husin punya masa depan sepakbola yang menjanjikan. Dasar pemikirannya adalah prestasi Timnas U-19 dan menjamurnya akademi dan sekolah sepakbola di Indonesia.

    "Lima tahun lagi, Indonesia akan nikmati kejayaan sepakbola. Talenta muda yang dibina saat ini, akan bermunculan memajukan sepakbola tanah air," kata Djohar kepada wartawan saat mengunjungi Aji Santoso International Football Academy (Asifa) di Kota Malang, Selasa (3/12/2013).

    Dalam beberapa tahun terakhir akademi sepakbola dan sekolah-sekolah sepakbola baru memang terus bermunculan di tanah air. Bukan cuma yang dikelola pihak lokal, namun juga milik beberapa klub sepakbola di luar negeri.

    Disebut Djohar, idealnya setiap provinsi di Indonesia memiliki akademi sepakbola yang dikelola dengan manajemen profesional. Dengan demikian, dalam lima sampai 10 tahun mendatang Indonesia akan memetik hasil berupa prestasi dan bahkan akan ada pemain Indonesia yang merumput di tim-tim asing.

    "Kalau bisa, masing-masing propinsi punya satu, akademi seperti ini. Saya sangat bangga, karena pembinaan usia dini, menjadi program penting PSSI saat ini," ungkap Djohar.

    "Kita tak bisa berharap kepada pemerintah. Swasta, seperti Asifa ini sangat bagus. Investasi untuk kebanggaan bangsa. Karena itu, 5 sampai 10 tahun nanti, akan banyak pesepakbola Indonesia mengisi daftar pemain klub-klub luar negeri. Pastinya akan bangga, jika ada pemain asal Indonesia, main di klub Eropa," harapnya.

    Selama mengunjungi Asifa, Djohar melihat langsung infratruktur yang dimiliki seperti rumput lapangan serta asrama yang dalam tahap pembangunan.

     "Ini akademi berkualitas," celutuknya.

    Pada kesempatan yang sama, Aji Santoso menyebut kalau akademi yang dimilikinya itu memang ditargetkan untuk melahirkan pemain berbakat untuk memperkuat tim nasional di masa depan.

    "Jika tidak memiliki biaya, kami ada beasiswa. Harapan kita, bisa mencetak pemain profesional dalam waktu cepat dan banyak. Ini demi kebutuhan sepakbola profesional tanah air," tutur Aji.

    Asifa telah memulai pendaftarannya, dan akan berlangsung sampai 20 Desember mendatang. Pada Awal Januari 2014 seleksi akan dilakukan untuk memilih para pemain yang berkualitas.

    "Di sini ada coach Indra Sjafri sebagai penasehat teknik, Putu Gede, dan banyak mantan pemain sepakbola nasional. Untuk seleksi akhir, saya yang menentukan nanti," tutup Aji.

    detik.com
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Djohar: Banyak Akademi & SSB, Indonesia Bisa Berprestasi dalam 5 Tahun Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top