• Latest News

    Friday, December 6, 2013

    Dunia Sepak Bola Berduka untuk Nelson Mandela


    BRASIL, KOMPAS.com — Para tokoh sepak bola dunia saat ini tengah berkumpul di Brasil untuk pengundian Piala Dunia 2014. Kabar duka kematian pemimpin Afrika Selatan, Nelson Mandela, menyentak mereka.

    "Dengan duka mendalam, kami memberikan penghormatan kepada orang yang luar biasa, mungkin salah satu sosok humanis terbesar pada zaman kita, dan teman baik saya, Nelson Rolihlahla Mandela," kata Presiden FIFA Sepp Blatter.

    Legenda sepak bola Brasil, Pele, pun turut memberikan penghormatan kepada Mandela. "Dia adalah pahlawan saya, teman saya," kata dia melalui akun Twitter. "Mari kita melanjutkan karyanya. Dia adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam hidup saya."

    Mantan bintang lapangan Brasil juga, Romario, menulis dalam akun Twitter pula, "Melawan segregasi (ras) di Afrika, Mandela menandai perjalanannya di dunia ini dengan memberikan pengajaran yang spektakuler bagi kemanusiaan."

    Ronaldo, mantan pemain di timnas Brasil pada 2002, menulis pula melalui Twitter, "Kau (Mandela) mengubah dunia. Terima kasih. Istirahatlah dalam damai."

    Sementara itu, bintang Portugal dan pemain Real Madrid, Cristiano Ronaldo, mengatakan, "Terima kasih untuk semua hal yang Anda berikan. Anda akan selalu bersama kami."

    Blatter pun mengingat saat Mandela hadir dalam pembukaan Piala Dunia 2010. Hajatan itu menjadi tonggak pertama ajang tersebut digelar di Benua Afrika.

    "Dia dan saya berbagi keyakinan yang tak tergoyahkan dalam kekuatan yang luar biasa dari sepak bola, untuk menyatukan orang dalam perdamaian dan persahabatan, serta mengajarkan nilai-nilai sosial dan pendidikan dasar sebagai sekolah kehidupan."

    "Ketika dia mendapat penghormatan dan sorakan dari kerumunan di Stadion Soccer City Johannesburg pada 11 Juli 2010, inilah bapak para bangsa, yang ada di hati semua orang. Itu momen paling mengharukan yang pernah saya alami," kenang Blatter. "Baginya, Piala Dunia di Afrika Selatan adalah mimpi yang menjadi kenyataan."

    Blatter mengatakan, "Nelson Mandela akan tinggal di hati kita selamanya. Kenangan perjuangannya yang luar biasa melawan penindasan, kharisma luar biasa, dan nilai-nilai positif itu akan hidup di dalam hati kita dan bersama kita."

    FIFA mengatakan, semua bendera dari 2009 asosiasi yang menjadi anggota organisasi ini akan berkibar setengah tiang di markas besar mereka di Swiss. Mengheningkan cipta pun akan dilakukan setiap pertandingan internasional yang digelar pada hari-hari berkabung ini.




    Sumber: http://bola.kompas.com/read/2013/12/06/1021307/Dunia.Sepak.Bola.Berduka.untuk.Nelson.Mandela
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dunia Sepak Bola Berduka untuk Nelson Mandela Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top