• Latest News

    Wednesday, January 7, 2015

    Wapada! Maraknya Behel Murah


    Beritaseharian.com - Gaya hidup masyarakat kota-kota besar di Indonesia memang tak lepas dari yang namanya Trendy dan Up To Date, masyarakat kota-kota besar memang sangat memperdulikan penampilan diri, baik laki-laki dan perempuan saling berlomba-lomba untuk mendongkrak penampilan diri, demi tampilan yang menarik perhatian.

    Nah, yang sedang populer pada saat ini adalah kawat gigi atau yang terkenal dengan nama "behel", awal mulanya kawat gigi hanyalah perawatan medis untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapih, namun seiring berkembangnya zaman kini pandangan itu kian berubah, namun berubah bukan ke arah positif melainkan negatif.

    Behel atau kawat gigi saat ini sangat populer di Indonesia, terlebih di kalangan para remaja (pelajar) ibukota. Hal ini tak lepas dari gaya hidup yang "aneh". "aneh" karena memang cukup menggelitik. Bagaimana bisa behel yang fungsi utamanya untuk merapihkan susunan gigi bisa menjadi sebuah tren fashion. Parahnya banyak pendapat kalau tidak pasang behel / kawat gigi itu gak gaul. Lantas apa behel ini bahaya? Apa saja efek buruk dari memasang behel? dan Tips apa saja yang harus dilakukan?

    Kegunaan Memasang Behel

    Menurut kalangan dokter gigi, behel sebenarnya ditujukan untuk merapikan letak dan susunan gigi. Gigi yang menumpuk dan tidak rata dapat menimbulkan berbagai masalah, diantaranya kebersihan dan bau mulut. Selain itu, behel dapat bermanfaat untuk memperbaiki mekanisme mengunyah, pencernaan, pengucapan dalam bertutur, serta memperbaiki penampilan wajah.

    Pasang Behel Itu Tidak Mudah

    Perlu diketahui juga bahwa pemasangan behel tidak semudah bayangan orang. Karena diperlukan prosedur yang sangat hati-hati, melalui proses pemeriksaan, foto susunan gigi, hingga membuat cetakan gigi pasien agar diketahui bagian-bagian yang memang memerlukan perbaikan. Selain itu, pemasangan behel memang harus dilakukan kepada ahlinya, agar tidak menimbulkan efek samping.

    Bahaya Memasang Behel

    Bahaya / efek buruk yang muncul setelah memasang behel diantaranya, kawat gigi bisa merusak posisi gigi.Tulang yang memegang gigi akan rusak dan bisa membuat gigi goyang. Hal ini merupakan kerugian besar yang tidak bisa dibayar, karena gigi kalau sudah goyang tidak bisa dicekat lagi.

    Tips Sebelum Memasang Behel

    Hal-hal berikut bisa anda lakukan supaya tidak sembarangan mendapatkan perawatan atau pengobatan gigi yaitu:

    1. Pergilah ke tempat yang diakui yaitu di Puskesmas, rumah sakit pemerintah atau RSGM, biaya tidak mahal dan jelas bisa di pertanggungjawabkan mutu serta kualitasnya.

    2. Jangan menganggap pengobatan gigi itu mahal, karena ada yang murah dan terjamin mutunya.

    3. Peliharalah gigi yang sehat tetap sehat, apabila ada kelainan dan butuh bantuan maka datanglah sedini mungkin dan jangan tunggu sampai parah seperti gigi berlubang.

    4. Kontrol kesehatan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali.

    Menurut dokter Meike Handayani dokter ahli Orthodontic dari U Smile Clinic, yang beritaseharian wawancarai menuturkan, pemasangan behel sebaikanya dilakukan oleh orang yang berpenngalaman dalam bidang Orthodontic yaitu dokter ahli Orthodontic, konsumen pun harus cerdas, jangan tergiur dengan harga yang murah, kesehatan pun terabaikan.

    Hal, yang membahayakan adalah ketika pemasangan behel bukan pada ahlinya, seharusnya behel dikerjakan oleh dokter ahli yaitu bidang ilmunya adalah "Orthodontic", dengan memasang behel pada ahlinya memang tidak akan menimbulkan efek samping, karena memang dari prosedur, kebersihan alat, hingga proses pemasangan behel pun telah sesuai standar kedokteran.

    Yang membahayakan adalah ketika pemasangan tidak pada ahlinya, tidak menguasai background ilmu yang berkaitan hingga kebersihan alat yang digunakan tidak terjamin, hal itu lah yang membahayakan konsumen itu sendiri, memang jika memasang behel pada dokter "Orthodontic" akan memakan biaya yang cukup mahal, namun sebanding dengan apa yang konsumen dapatkan, mengiurkan memang jika dengan harga yang murah sudah bisa memasang behel, namn tidak disadari betul penyakit kerusakan gigi, struktur email gigi, hingga pendarahan gusi akan mengintai konsumen.

    Tetaplah menjadi konsumen yang cerdas, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

    ___________________________
    Editor : Pramdia Arhando

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Wapada! Maraknya Behel Murah Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top