• Latest News

    Friday, January 31, 2014

    10 Profesi Populer Dalam 5 Tahun Terakhir


    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kini semakin banyak profesi yang bisa dipilih guna mengumpulkan pundi-pundi uang. Kemajuan teknologi tidak dipungkiri melahirkan beberapa tren lapangan pekerjaan yang baru.

    Situs pekerja profesional, Linkdln, mencatat lebih dari 259 juta anggotanya mengalami peningkatan ketertarikan pada profesi tertentu. Selain teknologi, meningkatnya kesadaran akan kesehatan juga mempengaruhi tren ini.

    Dilansir dari Slideshare.net pada Jumat (31/1), Republika Online (ROL) merangkum beberapa profesi yang mungkin tidak pernah terbayangkan 5 tahun lalu. Berani mencoba?

    1. The IOS DeveloperKemunculan IPhone turut mendongrak popularitas profesi ini. Semua orang mendadak ingin akrab dengan istilah iOS dan aplikasi lainnya. Dalam lima tahun terakhir, peminat profesi ini tumbuh 142 kali lipat.

    2. The Android DeveloperPofesi ini banyak dicari setelah Google merilis platform Android pada tahun 2007. Profesi ini pun kian tenar setelah kemunculan ponsel android. Pada tahun 2008, pencari kerja hanya berjumlah 53 orang. Tahun 2013, jumlahnya membludak menjadi 10.554 pencari kerja.

    3. The Zumba InstructorGaya hidup sehat tampaknya makin diminati dari tahun ke tahun. Cara yang dipilih pun beragam, salah satunya mengikuti kelas latihan Zumba yang mulai diperkenalkan tahun 2000an.
    Meskipun terlihat mudah, namun diperlukan instruktur khusus agar kelak tubuh tak cedera. Peminat profesi sebagai instruktur Zumba naik 396 kali lipat dalam 5 tahun terakhir.

    4. The Social Media InternMedia Sosial semakin diperhitungkan dalam dunia bisnis. Twitter, facebook, Linkdln dan Youtube dianggap efektif untuk meningkatkan popularitas produk.
    Menariknya, pada tahun 2008 hanya 25 anggota yang terhubung dengan porfesi ini. Sedangkan pada tahun 2013, jumlahnya meledak menjadi 4.350 anggota.

    5. The Data ScientistDerasnya arus informasi membuat pofesi analis data makin dicari. Sejak lima tahun terakhir, anggota yang terhubung dengan profesi ini naik sekitar 30 kali lipat.

    6. The UI or UX DesignerUser Interface (UI) dan User Experience (UE) designer dibutuhkan untuk menciptakan produk yang diminati konsumen. Mereka menggunakan teknologi semaksimal mungkin untuk tujuan tersebut.
    Pada tahun 2008, hanya 159 orang yang terhubung dengan profesi ini. Namun pada tahun 2013, jumlahnya menjadi 3,509 orang.

    7. The Big Data ArchitectLebih dari dua dekade konsep pengumpulan data menjadi hal yang sangat penting. Pengumpul data baik dalam konsep digital maupun di atas kertas semakin dibutuhkan oleh perusahaan.
    Pada tahun 2008, tidak ada orang yang terhubung dengan profesi ini. Secara mengejutkan, tahun lalu sebanyak 3.440 terlibat dengan pencarian profesi ini.

    8. The Beachbody CoachPada tahun 2004, belum banyak orang yang memanfaatkan jasa pelatih profesional untuk membentuk otot tubuhnya. Terbukti tidak ada satu pun anggota yang terdata mencari ataupun memiliki kompetensi pelatih profesional pada tahun 2008.
    Namun tahun lalu, sebanyak 3,360 orang terhubung dengan profesi yang biasanya mudah ditemui di klub-klub kebugaran.

    9. The Cloud Service SpecialistSalesforce.com dan Amazon yang pertama kali memperkenalkan profesi ini pada tahun 2000an. Kompetensi yang dituntut pemilik profesi ini cukup menarik dan spesifik, yaitu meramal kondisi awan. Dibandingkan dengan lima tahun yang lalu, profesi ini mengalami peningkatan peminta hingga 17 kali lipat.

    10. The Digital Marketing SpecialistMedia sosial dan pemasaran secara digital terbukti memberi dampak siginifikan dalam dunia bisnis. Anggota Linkdln yang terhubung dengan profesi ini tumbuh dari 166 peminat menjadi 2.886 orang dalam lima tahun terakhir.

    Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/01/31/n08l70-10-profesi-populer-dalam-5-tahun-terakhir
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 10 Profesi Populer Dalam 5 Tahun Terakhir Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top