• Latest News

    Tuesday, January 21, 2014

    Jokowi: Tak Ada Lagi Kompromi untuk Warga Bantaran Kali



    VIVAnews - Camat Mampang Perapatan, Fidyah Rokhim, mengadu pada Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo soal penanganan banjir. Fidyah protes, ketidaktegasan Pemprov DKI dalam normalisasi Sungai Krukut hampir memicu konflik antar warga.
    Itu disampaikannya saat rapat koordinasi antisipasi banjir di Balai Kota Jakarta, Selasa 21 Januari 2014.

    "Pak di bantaran Kali Kerukut ada pemukiman warga yang seharusnya sudah dipindahkan. Ini jadi sumber banjir. Warga lain sempat mau menyerang tapi kami sempat tenangkan warga," kata Fidyah.

    Menurut dia, tanah di bantaran Krukut itu sebenarnya sudah dibebaskan sejak 2007 lalu. Namun entah kenapa hingga saat ini Pemprov tidak melakukan eksekusi penggusuran.

    "Saat ini daerah yang menjadikan penyempitan kali ini justru disewakan oleh oknum dan tetap ditinggali warga. Ini membuat warga lain kesal karena mereka menjadi korban banjir," ujarnya.

    Sementara itu, Lurah Kuningan Barat, Mariana menambahkan, bahwa kawasan yang belum digusur itu berada di wilayahnya. Di sana, kata dia, ada 104 bidang bangunan, dan 99 di antaranya sudah dibebaskan sejak 2007. Jadi hanya sisa lima bidang yang belum dibebaskan. "Itu semua ada di RW 04," kata Mariana.

    Ia mengatakan, plang bertuliskan "Tanah Ini Milik Negara" yang dipasang di atas lahan tersebut kini dicabut oleh warga. "Warga sekitar sempat marah dan ingin menguruk paksa karena bangunan-bangunan itu telah membuat banjir," ujarnya.

    Mendapat laporan itu, air muka Jokowi berubah. Dia langsung memberi perintah kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum. "Pak Manggas tolong catat itu dan lihat ke lapangan. Itu harus segera diselesaikan," ujar Jokowi.

    Mantan Wali Kota Solo itu mengucapkan terimakasih atas laporan tersebut. Ia mengaku memang membutuhkan masukan soal seperti itu--hal--yang jarang diketahuinya. Ia berjanji segera menertibkan kawasan itu setelah dilakukan pengecekan ulang oleh Dinas PU selaku instansi yang bertanggung jawab dalam proses normalisasi waduk dan sungai.

    Jokowi memastikan proyek tersebut akan dikerjakan awal tahun ini. "Tidak ada lagi kompromi dan toleransi terhadap warga bantaran kali," ujarnya. (adi)

    sumber : http://metro.news.viva.co.id/news/read/475001-jokowi--tak-ada-lagi-kompromi-untuk-warga-bantaran-kali
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jokowi: Tak Ada Lagi Kompromi untuk Warga Bantaran Kali Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top