• Latest News

    Sunday, January 26, 2014

    Kalahkan Nadal, Wawrinka Juara Australian Open


    MELBOURNE, KOMPAS.com - Petenis Swiss, Stanislas Wawrinka akhirnya meraih gelar Grand Slam pertamanya, setelah mengalahkan Rafael Nadal di final Australian Open (Australia Terbuka), 6-3, 6-2, 3-6, 6-3, dalam 2 jam 21 menit, di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Minggu (26/01/2014).

    Final kali ini seperti antiklimaks bagi Nadal. Setelah hanya kehilangan satu set dalam perjalanan ke final, juara Australian Open 2009 tersebut gagal tampil maksimal.

    Wawrinka melaju cepat hingga unggul 5-2, pada set pertama. Nadal hanya mampu menambah satu gim sebelum Wawrinka menutupnya dengan 6-3.

    Set kedua dibuka Wawrinka dengan mematahkan servis Nadal pada gim pembuka. Saat Wawrinka unggul 2-1, Nadal memanggil tim medis. Setelah berbicara beberapa lama, Nadal meninggalkan lapangan untuk medical timeout.

    Wawrinka melakukan protes karena wasit tidak memberi tahu apa cedera Nadal. Setelah sekitar tujuh menit, Nadal kembali ke lapangan. Tak seperti biasa, dari kursi penonton terdengar sorakan bernada mengejek untuk petenis nomor satu dunia tersebut.

    Kembali bermain, Nadal tak bisa berbuat banyak. Bahkan air mata mengambang di matanya. Tertinggal 1-4 dan harus berganti tempat, pemegang 13 gelar Grand Slam ini sempat mendapat perawatan medis lagi pada pinggangnya. Tetapi, kali ini dia tidak meninggalkan lapangan.

    Wawrinka tak banyak kesulitan untuk menyudahi set kedua dengan 6-2.

    Sebelum set ketiga dimulai, Nadal kembali mendapatkan perawatan pada pinggang. Tetapi, dia masih bisa melanjutkan pertandingan.

    Petenis 27 tahun ini membuka set ketiga dengan mematahkan servis Wawrinka dan lanjut memimpin hingga 3-0. Wawrinka berhasil mendekat tapi gagal mengambil set ini. Nadal yang melakukan servis saat unggul 5-3, akhirnya memenangi set ini.

    Set keempat berlangsung imbang hingga 2-2. Wawrinka menjauh setelah mematahkan servis Nadal pada gim keenam, yang membawanya unggul 4-2.

    Petenis 28 tahun tersebut makin dekat dengan gelar Grand Slam pertamanya saat melakukan servis pada posisi unggul 5-3. Dengan love game, Wawrinka akhirnya meraih gelar Grand Slam pertamanya, di Australian Open 2014.

    Wawrinka menjadi juara Grand Slam pertama yang mengalahkan petenis nomor satu dan dua dunia (Novak Djokovic, perempat final), setelah Sergi Bruguera pada French Open 1993.


    Sumber: http://olahraga.kompas.com/read/2014/01/26/1817383/Kalahkan.Nadal.Wawrinka.Juara.Australian.Open
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kalahkan Nadal, Wawrinka Juara Australian Open Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top