• Latest News

    Friday, January 31, 2014

    ManCity, Si Tukang Bantai yang Sedang Menggila


    VIVAbola - Sebagai salah satu tim yang difavoritkan menjadi juara Premier League musim ini, Manchester City sempat menunjukkan inkosistensi. Namun, sejak memasuki November 2013, tim asuhan Manuel Pellegrini itu seakan tak tersentuh oleh lawan-lawannya.

    Terbaru, City mengalahkan tim yang materi pemainnya tak sembarangan, Tottenham Hotspur, dengan skor meyakinkan, 5-1. Semakin terasa dahsyat, karena hal itu dilakukan di markas Spurs, White Hart Lane, yang sebenarnya kerap membuat lawan kesulitan.

    Pada pertandingan yang dihelat 30 Januari 2014 dini hari WIB tersebut, "The Citizens" menghujani gawang Spurs lewat gol-gol yang dicetak Sergio Aguero, Yaya Toure, Edin Dzeko, Stevan Jovetic, dan Vincent Kompany. Sedangkan Spurs, yang bermain dengan 10 pemain sejak menit 50, hanya mampu menyarangkan satu gol lewat Etienne Capoue.

    Berkurangnya jumlah pemain dipercaya beberapa pihak sebagai faktor utama hancurnya permainan "Lilywhites". Namun, Pellegrini yakin timnya memang pantas meraih hasil fantastis itu, lantaran bermain nyaris tanpa cela sejak pertandingan dimulai.

    "Saya tidak berpikir itu sebuah keputusan besar. Sebelum ada kartu merah, kami menciptakan sedikitnya lima peluang emas di babak pertama. Dan saya tidak melihat Tottenham menciptakan satu peluang pun," kata Pellegrini dilansir Soccerway.

    "Jadi saya pikir tim kami yang bermain lebih baik sejak awal. Saya tidak ingin menganalisis keputusan wasit karena saya bukan wasit. Saya hanya akan mengulangi bahwa diusirnya satu pemain lawan tidak mengubah banyak permainan," sambungnya.

    Hasil itu terasa semakin manis lantaran misi City menggulingkan Arsenal dari puncak klasemen sukses. "The Citizens" kini berhak berada di puncak klasemen sementara dengan poin 53, unggul satu angka atas Arsenal yang sehari sebelumnya ditahan imbang Southampton 2-2. Mereka juga unggul tiga poin atas Chelsea yang bermain 0-0 dengan West Ham United.

    "Tentu saja saya senang. Bukan karena kami bisa memuncaki klasemen, tapi karena tim bermain baik hari ini. Kami juga bertahan dengan sangat baik, jadi performa tim hari ini sangat sempurna," ujar Pellegrini, yang pernah melatih Real Madrid dan Malaga.

    Keperkasaan ManCity musim ini pun diakui oleh tim-tim lawan. Bahkan, pelatih Spurs, Tim Sherwood, yakin "The Citizens" ada di urutan teratas dalam daftar calon juara Premier League musim ini.

    "Mereka bermain sangat baik. Anda harus mengangkat tangan Anda. Mereka menguasai lapangan dan menyerang dari semua penjuru. Tim ini adalah yang terbaik di liga," kata Sherwood, yang menggantikan posisi Andre Villas-Boas.

    "Tak perlu diragukan lagi, menurut saya mereka akan menjuarai liga. Mereka tidak mencetak satu gol lalu bertahan. Jika ada tim yang memenangkan liga, tentu saja Anda menginginkan tim seperti ini karena mereka menghibur," lanjut pelatih berusia 44 tahun tersebut.

    Sedangkan manajer Chelsea, Jose Mourinho, tak heran melihat kemenangan besar ManCity atas Spurs. Bahkan, dia juga megakui kalau juara Premier League musim 2011/12 itu lebih diunggulkan pada pertemuan dengan timnya pada 4 Februari 2014 mendatang.

    "Bagi saya itu bukan kejutan. Kami akan menghadapi mereka pekan depan, dan saat ini kami hanya bermain 0-0. Apakah mereka difavoritkan? Tentu. Apakah mereka bisa mencetak empat, lima atau enam gol lagi? Ya," kata Mou dilansir Tribal.

    Langganan Cetak Skor Besar
    Kemenangan 5-1 atas Spurs bukanlah pembantaian pertama yang dilakukan Yaya Toure cs pada Premier League musim ini. Sebelumnya, "The Citizens" sudah tiga kali menyarangkan lebih dari lima gol ke gawang lawan.

    Pada 2 November 2013, ManCity meraih kemenangan fantastis atas Norwich City di mana mereka menyarangkan 7 gol tanpa balas. Sedangkan pada 24 November, Spurs, yang ketika itu masih dibesut Andre Villas-Boas, dipaksa menyerah 0-6 oleh ManCity.

    Tak hanya itu, Arsenal pun dibuat tak berdaya di Etihad Stadium, yang musim ini benar-benar angker bagi tim-tim lawan --ManCity mencatat rekor 100 persen kemenangan di kandang. Saat itu, gawang tim asuhan Arsene Wenger dijebol enam kali, hingga akhirnya takluk 3-6.

    Kini, Mancity sudah tak terkalahkan dalam 12 laga Premier League secara beruntun --delapan laga terakhir selalu berakhir dengan kemenangan. Sedangkan dalam jumlah gol, mereka telah mencetak 68 gol, melewati torehan musim 2012/13 lalu yang hanya mampu mencetak 66 gol. Hebatnya, masih ada 15 laga yang akan mereka lakoni di sisa musim ini.

    Adapun rekor lain yang mereka torehkan usai melibas Spurs adalah sukses melesakkan setidaknya satu gol dalam 12 pertandingan secara beruntun di Premier League. Sedangkan striker mereka, Sergio Aguero, telah mencetak gol ke-50 di Premier League dalam 81 laga. Hanya Andy Cole, Alan Shearer, Ruud van Nistelrooy, dan Fernando Torres yang mencapai rekor 50 gol lebih cepat darinya.

    Chelsea Korban Berikutnya?

    Kendati mampu menggilas Spurs dengan meyakinkan, ujian sesungguhnya ManCity belum tiba. Februari 2014, mereka dihadapkan dengan sejumlah pertandingan berat, baik di ajang Premier League, FA Cup, maupun Liga Champions.

    "The Citizens" akan menjamu Chelsea di Etihad Stadium pada  4 Februari 2014 dini hari WIB. Pada laga pertama yang dihelat di Stamford Bridge, mereka takluk 1-2. Selain menjadi ajang balas dendam, kemenangan pada laga nanti juga akan menegaskan keunggulan ManCity atas "The Blues" dan Arsenal di papan atas klasemen Premier League.

    Pada 16 Februari 2014, masih di Etihad Stadium, mereka akan kembali berjumpa dengan Chelsea, namun kali ini pada laga babak V FA Cup. Sedangkan pada 19 Februari, mereka akan kedatangan raksasa Spanyol, Barcelona, pada pertandingan 16 besar Liga Champions.

    Menghadapi laga-laga berat tersebut, Pellegrini berharap bisa menurunkan full team. Maka, dia pun sedikit khawatir ketika Aguero harus ditarik pada menit 45 dan digantikan Jovetic pada laga melawan Spurs. Kendati demikian, pelatih asal Chile tersebut masih yakin akan kemampuan para penyerang lain yang mampu menggantikan Aguero.

    "Kami mencoba tidak terlalu bergantung dengan satu pemain. Sergio baru kembali dari cederanya. Dan saat dia tidak bisa bermain, ada kesempatan buat Alvaro Negredo dan Edin Dzeko," kata Pellegrini seperti dilansir Soccerway.

    "Kami akan sangat merindukan Sergio karena dia adalah pemain top dan kami ingin segera bisa memainkannya sesegera mungkin di tim. Tapi, di saat yang sama, ada Jovetic, Dzeko dan Negredo. kami memiliki striker-striker hebat," tutur Pellegrini.

    Sumber: http://bola.viva.co.id/news/read/477671-mancity--si-tukang-bantai-yang-sedang-menggila
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: ManCity, Si Tukang Bantai yang Sedang Menggila Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top