• Latest News

    Sunday, January 19, 2014

    Penyelenggara Pemilu Berkomitmen Jaga Integritas

      
    Jakarta, kpu, go, id—Ketua KPU RI Husni Kamil Manik merespons Petisi 9 yang disampaikan Kelompok Cipayung Plus untuk Pemilu 2014 yang berkualitas. Husni menilai perubahan-perubahan besar yang terjadi di sebuah Negara tidak lepas dari peranan dari gerakan mahasiswa dan pemuda. Karena itu, petisi yang disampaikan para mahasiswa menjadi energi positif bagi penyelenggara Pemilu untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan tahapan Pemilu.
     
    “Reformasi 1998 yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Pemilu Tahun 1999 merupakan buah dari perjuangan mahasiswa dan pemuda. Kami sebagai penyelenggara Pemilu tentunya akan sangat terbantu jika para aktivis mahasiswa dan pemuda turut mendorong terwujudnya penyelenggaraan Pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ujarnya saat menerima para aktivis mahasiswa tersebut di kantor KPU RI, Kamis (16/1).
     
    Husni menjelaskan saat ini penyelenggara Pemilu sudah menuntaskan 6 dari 11 tahapan penyelenggaraan Pemilu. Dalam setiap tahapan penyelenggaraan, kata Husni, selalu ada dinamikanya. KPU, lanjutnya, merespons setiap masukan dan kritikan secara proporsional sambil berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Pemilu dan pemilih dalam setiap tahapan.

    “Pelaksanaan tahapan Pemilu kita laksanakan sangat terbuka. Masyarakat dapat mengakses semua informasi pelaksanaan tahapan baik secara manual dan online. Terobosan-terobosan ini kita lakukan sebagai bentuk keinginan kami untuk mewujudkan Pemilu 2014 yang lebih baik dan berkualitas,” ujarnya.
    Husni mengajak semua elemen gerakan mahasiswa dan pemuda untuk berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu 2014. Salah satunya melalui gerakan sosialisasi dan pendidikan pemilih di kalangan pemilih pemula dan pemilih muda. “Jumlah pemilih dari kalangan mahasiswa dan pemuda itu sangat besar. Karena itu, kualitas penyelenggaraan Pemilu dan kualitas hasil pemilu sangat ditentukan oleh dua komponen itu,” ujarnya.

    Dalam pembacaan dan penyerahan Petisi 9 di ruang utama KPU lantai itu hadir 9 ketua umum pimpinan pusat organisasi kemahasiswaan yakni Ketua Umum PB PMII Addin Jauharuddin, Ketua Presidium PP PMKRI Lidya Natalia Sartono, Ketua Presidium KMHDI Made Bawayasa, Ketua Umum DPP IMM Djihadul Mubarok, Ketua Presidiun GMNI Twedy Noviady Ginting, Ketua Umum PP GMKI Supriadi Narno, Ketua Umum PP KAMMI Andriyana, Ketua Umum PB HMI Arif Rosyid dan Ketua Presidium HIKMAHBUDHI Adi Kurniawan.

    Sembilan organisasi mahasiswa ini menyoroti terus merosotnya partisipasi pemilih dari Pemilu Tahun 1999, 2004 dan 2009. Para aktivis ini berkesimpulan bahwa ada sejumlah faktor yang menjadi penyebab turunnya partisipasi masyarakat tersebut yakni penyelenggara Pemilu, partai politik, kinerja eksekutif dan legislatif, sistem Pemilu yang prosedural, penegakan hukum Pemilu, manajemen pemilu dan persoalan daftar pemilih.

    Melihat persoalan itu, 9 pimpinan organisasi mahasiswa mengajak semua elemen bangsa fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Mereka juga meminta penyelenggara Pemilu untuk netral dan menjaga integritasnya. Salah satunya ditandai dengan kesediaan untuk melakukan pakta integritas demi terciptanya Pemilu yang demokratis dan berkualitas.

    Husni menegaskan bahwa semua komisioner KPU di seluruh Indonesia telah melakukan gerakan moral penandatanganan integritas. Gerakan moral itu kemudian ditindaklanjuti dalam bentuk keterbukaan dan transparansi dalam pelaksanaan setiap tahapan Pemilu. Selain itu, kata Husni, KPU telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bersama sama melakukan upaya pemberantasan tindak pidana korupsi.

    KPU juga telah membuat pernyataan komitmen pengendalian gratifikasi di lingkungan KPU disaksikan KPK. “Hal-hal itu kita lakukan sebagai bentuk langkah pencegahan untuk menjaga integritas penyelenggara Pemilu. Supervisi kepada KPU di daerah juga kami perkuat untuk memastikan mereka bekerja sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” ujarnya. (*)
     
    KPU.GO.ID
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Penyelenggara Pemilu Berkomitmen Jaga Integritas Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top