• Latest News

    Tuesday, January 21, 2014

    Rumah Hanyut Terbawa Banjir Bandang Manado Diganti Rp50 Juta

    VIVAnews - Sekitar 565 rumah di Kota Manado, Sulawesi Utara hanyut terbawa banjir bandang pada Rabu 15 Januari 2014 lalu. Banjir bandang di Manado terjadi akibat meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano dan DAS Sawangan.

    Gubernur Sulawesi Utara, SH Sarundajang menjelaskan, paska banjir bandang, pada tahap awal Pemerintah Provinsi sedang mengupayakan pemberian bantuan-bantuan kepada warga yang berada di pengungsian, maupun yang memilih mengungsi di rumah sanak saudaranya.

    "Bantuan telah kami salurkan kepada yang membutuhkan. Mulai dari makanan sampai pakaian. Kemudian bantuan yang paling dibutuhkan adalah kebutuhan air bersih," kata Sarundajang saat menggelar pertemuan dengan Wakil Presiden Boediono di Manado, Sulawesi Utara, Selasa, 21 Januari 2013.

    Sementara itu, untuk tahap selanjutnya, menurut Sarundajang, pemerintah juga akan memberikan bantuan berupa materi kepada para korban. Untuk warga yang rumahnya hanyut terbawa aliran sungai akan diganti sebesar Rp50 juta per unit, rusak berat sebesar Rp35 juta per unit dan untuk kerusakan sedang akan diganti Rp25 juta per unit.

    Kemudian, dia melanjutkan, khusus untuk rumah di bantaran sungai yang hanyut terbawa arus sungai maka akan dicarikan lokasi baru. Kemudian lahannya disediakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan anggaran pembangunannya disediakan oleh pemerintah pusat.

    "Tentunya yang paling banyak di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa. Untuk rumah hanyut Pemprov akan carikan lokasi dan untuk rusak berat dan sedang diperbaiki saja," terangnya.

    Sementara itu, Wakil Presiden RI, Boediono menuturkan, terkait masalah hunian tersebut masalah bantuan untuk rumah warga tersebut pola akan disamakan seperti kejadian melutusnya Gunung Merapi di Yogyakarta. Menurutnya, terkait masalah hunian tersebut akan dilakukan koordinasi antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

    "Kalau pola seperti itu, pengalaman di Yogya sangat bagus koordinasinya. Tentu harus tepat, jangan sampai ada pergeseran data. Maka dari itu akan kami coba pendampingan. Kalau di drop anggaran saja kurang pas," tutur Boediono. (umi)

    sumber :  http://nasional.news.viva.co.id/news/read/475040-rumah-hanyut-terbawa-banjir-bandang-manado-diganti-rp50-juta
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rumah Hanyut Terbawa Banjir Bandang Manado Diganti Rp50 Juta Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top