• Latest News

    Tuesday, January 21, 2014

    SBY Jenguk Para Korban Sinabung, 4 Bulan Setelah Letusan Bermula


    VIVAnews - Letusan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang terjadi sejak 15 September 2013, telah membuat lebih dari 20.000 warga mengungsi. Namun Presiden Susilo Bambang Yudhoyono baru bisa mengunjungi para pengungsi pada 23 Januari 2014.

    Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, menyatakan, demi menemui para pengungsi Sinabung, Presiden membatalkan kehadiran di Davos, Swiss, untuk menerima "Global Leadership Statesmanship Award 2014" dalam Forum Ekonomi Dunia. SBY tetap akan fokus menangani bencana dan persoalan lainnya di Indonesia dan mengutus Menteri Keuangan Chatib Basri untuk menerima penghargaan di Davos itu bagi bangsa Indonesia.

    "Presiden SBY lusa (23 Januari 2014) akan mengunjungi pengungsi Sinabung dengan membawa  solusi permanen "dampak letusan Sinabung" yang sesuai aturan dan tidak merugikan warga yang kini sedang berada di pengungsian," kata Andi dalam siaran persnya, Selasa 21 Januari 2014.

    Andi menjelaskan, Presiden harus mengambil keputusan yang tepat karena menyangkut nasib ribuan penduduk. Presiden menghitung banyak aspek dan tidak pragmatis.

    "Apalagi besar kemungkinan Gunung Sinabung belum dalam waktu dekat berhenti meletus. Sementara di pengungsian lebih dari 8.000 kepala keluarga dalam radius 5 kilometer. Di dalamnya ada 921 kepala keluarga yang berada dalam radius 3 kilometer," lanjut Andi.

    Soal banjir di beberapa provinsi, Presiden SBY tetap memberi kewenangan penuh kepada kepala daerah yang dibantu oleh BNPB. Selain Gubernur Jakarta, Jawa Barat dan Sulawesi Utara, SBY juga telah berkomunikasi dengan Gubernur Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Bengkulu, dan Jawa Timur yang menyatakan kesiapannya bersama bupati/ walikota bersama-sama menangani banjir dan bencana lain yang kemungkinan melanda. (ren)

    sumber : http://nasional.news.viva.co.id/news/read/474974-sby-jenguk-para-korban-sinabung--4-bulan-setelah-letusan-bermula
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SBY Jenguk Para Korban Sinabung, 4 Bulan Setelah Letusan Bermula Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top