• Latest News

    Sunday, January 26, 2014

    Sodetan Cisadane Batal, Jokowi Bertemu Pusat dan Daerah Penyangga Lagi


    JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Pemprov Banten, Pemkab dan Pemkot Tangerang memutuskan untuk membatalkan rencana pembagunan sodetan Ciliwung-Cisadane.

    Terkait pembatalan itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan dia akan bertemu kembali dengan para stakeholder (pemangku kepentingan) untuk membahas penyelesaian masalah banjir. "Iya, besok ada pertemuan lagi dengan Kementerian PU, pemerintah Banten, Tangerang, termasuk dengan Bogor," kata Jokowi saat ditemui wartawan di Taman Suropati, Jakarta, Minggu (26/1/2014).

    Pertemuan itu terkait rencana Pemprov DKI dan Kementerian PU untuk membangun waduk Ciawi dan Sukamahi. Setelah bertemu Kementerian PU, Jokowi juga berencana bertemu Bupati Bogor Rachmat Yasin untuk menindaklanjuti pembebasan lahan pembangunan dua waduk tersebut. Rencananya, pertemuan itu akan berlangsung di Balaikota Jakarta.

    Jokowi meyakini keberadaan dua waduk tersebut sangat penting untuk mengurangi debit air dari kawasan hulu yang kerap kali mengakibatkan banjir di Jakarta. Dengan waduk itu, aliran air dibelokkan ke waduk dan dapat menjadi potensi sumber air baku di wilayah itu. "(Pembangunan waduk) ini semua tinggal pelaksanaannya saja. Karena kalau menunggu-menunggu saja, ya enggak akan dimulai," kata Jokowi.

    Rencana pertemuan para pemangku kepentingan untuk menanggulangi banjir itu juga disampaikan oleh akademisi Universitas Trisakti, Nirwono Joga.  Dia mengharapkan, melalui pertemuan tersebut tidak ada lagi isu sodetan Ciliwung-Cisadane. "Karena itu pilihan terakhir, masih banyak alternatif lainnya yang lebih baik untuk mengatasi banjir," kata Joga.

    Pihak Kementerian PU yang akan menghadiri pertemuan tersebut adalah Dirjen Sumber Daya Air, Mohammad Hasan. Adapun anggaran yang dialokasikan Kementerian PU untuk membangun waduk itu sebesar Rp 1,9 triliun. Sementara Pemprov DKI Jakarta yang akan melakukan pembebasan lahan untuk dua waduk itu mulai tahun ini menyediakan anggaran sekitar Rp1,2 triliun.

    Rencana pembangunan Waduk Ciawi dan Sukamahi itu diputuskan seusai rapat koordinasi Kementerian PU, Gubernur Jawa Barat, Gubernur DKI Jakarta di Posko Pantauan Ciliwung-Katulampa pada Senin (20/1/2014) lalu. Pembangunan dua waduk itu diprediksi rampung pada 2018.

    Dalam rapat koordinasi itu juga diputuskan  pembangunan sodetan Ciliwung-Kanal Banjir Timur yang akan selesai pada 2016, revitalisasi situ-situ yang akan rampung 2015, normalisasi Kali Ciliwung selesai 2016, pembangunan sumur resapan dengan target 2,2 juta sumur di Jakarta, pembuatan dam dan konservasi tanah lain, serta normalisasi Sungai Cisadane.


    Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2014/01/26/1701214/Sodetan.Cisadane.Batal.Jokowi.Bertemu.Pusat.dan.Daerah.Penyangga.Lagi
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sodetan Cisadane Batal, Jokowi Bertemu Pusat dan Daerah Penyangga Lagi Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top