• Latest News

    Tuesday, February 11, 2014

    Awas, Jalan Berlubang Bikin Hancur Ban dan Velg Kendaraan


    VIVAnews - Banyaknya jalan rusak berlubang di Jakarta dan sekitarnya pasca banjir menyisakan banyak persoalan.

    Tidak hanya menjadi penyebab kecelakaan, menghantam jalan rusak atau berlubang juga berpotensi merusak komponen kendaraan, salah satunya velg dan ban.

    Untuk mencegah hal tersebut, Astra World memberikan beberapa tips;

    Pertama, selalu cek tekanan angin ban. Harus sesuai dengan standar pabrik. Bisa dilihat pada dinding pintu bagian dalam. Dampak ketika ban kempes lalu menghajar lubang akan benjol. Sebab, anyaman kawat yang membentuk ban akan putus. Lebih parah lagi, velg peyang atau retak.

    Kedua, perlu diingat meskipun velg masih diperbaiki, kekuatannya menempel tidak lagi optimal. Bahkan bisa kembali retak, lebih parah lagi jika keretakan baru  tidak diketahui, bisa mengakibatkan velg copot.

    Velg peyang masih bisa diselamatkan tergantung kondisinya. Jika harus diperbaiki minta jaminan kepada bengkel bahwa Velg masih bisa di-balancing. Jika tidak, lebih baik diganti dan dijadikan cadangan.

    Ketiga, jangan sepelekan genangan. Biasa jalan berlubang tidak ketahui karena tertutup genangan. Sebaiknya kurangi kecepatan ketika melewatinya. Kalau bisa dan kondisi aman, lebih baik dihindari.

    Keempat, lepas pedal rem sesaat sebelum masuk genangan atau lubang, agar berat kendaraan tidak terkonsentrasi di depan. Langkah itu dapat mengurangi kerusakan pada ban dan pelek.

    Terakhir, bila sehabis menghajar lubang ternyata setir terasa berat atau cenderung menarik ke satu arah, segera spooring dan balancing. Tujuannya mengetahui tingkat kerusakan dan komponen yang harus diganti.


    Sumber: http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/480417-awas--jalan-berlubang-bikin-hancur-ban-dan-velg-kendaraan
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Awas, Jalan Berlubang Bikin Hancur Ban dan Velg Kendaraan Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top