• Latest News

    Tuesday, February 4, 2014

    Berinvestasi Sejak Muda, Bisakah?


    KOMPAS.com - Banyak kalangan muda masih ragu untuk berinvestasi lantaran merasa masih dalam tahap membangun karir dan gaji yang masih relatif kecil. Padahal investasi diperlukan bagi siapapun, termasuk kaum muda.

    Berikut hal-hal yang harus diperhatikan soal keuangan pribadi yang bisa menjadi pertimbangan Anda:

    1. Pengendalian diri
    Salah satu hal yang sebaiknya dikendalikan dalam pengelolaan keuangan Anda yang baru saja memulai karir adalah penggunaan kartu kredit. Memang biasanya perlu untuk membeli "modal kerja" seperti tas, sepatu, dan pakaian atau sekedar mentraktir sahabat dengan gaji yang baru diperoleh, namun demikian transaksi menggunakan kartu kredit pun harus dikendalikan. Untuk mengendalikan penggunaan kartu kredit, maka sebaiknya Anda mengontrol pengeluaran akibat "menggesek" tersebut. Di samping itu, lebih baik untuk tidak memiliki terlalu banyak kartu kredit, sehingga pengeluaran dapat direm dan sebagian pendapatan dapat diinvestasikan.

    2. Telusur Kemana Uang Anda Pergi
    Tanpa perencanaan yang baik, gaji Anda bisa melayang entah kemana. Anda bisa saja membeli barang-barang yang sebenarnya tak perlu. Cara terbaik adalah dengan membuat bujet dari setiap gaji yang Anda terima. Buatlah daftar pengeluaran Anda setiap bulannya. Jangan lupa menyisihkan sebagian dana untuk diinvestasikan, agar pendapatan Anda dapat tersalurkan dengan baik dan tidak digunakan untuk hal tak perlu. Disini kedisiplinan dan pengendalian diri Anda dituntut.

    3. Jaga Kesehatan
    Bila belum bisa menggunakan produk asuransi kesehatan karena terbatasnya pendapatan, cara paling ampuh membatasi pengeluaran akibat penyakit adalah dengan menjaga kesehatan. Cara ini bisa mengurangi risiko Anda "mengunjungi" rumah sakit. Dengan gaya hidup yang sehat dan teratur pula, maka paling tidak Anda bisa meredam biaya berobat. Selanjutnya, bila gaji Anda perlahan merangkak, Anda dapat menggunakan produk asuransi kesehatan. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi nanti, kan?

    4. Jaga Pendapatan
    Agar dapat menikmati pendapatan hasil jerih payah sendiri, Anda harus menjaganya agar tidak menghilang begitu saja. Cara paling sederhana adalah dengan menyisihkan pendapatan dengan menabung. Namun jika Anda bisa berinvestasi dari sebagian pendapatan untuk memperoleh return, kenapa tidak? Sebelum berinvestasi, ada baiknya Anda mencari tahu karakteristik masing-masing produk investasi. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Selamat berinvestasi!


    Sumber: http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2014/02/05/1138091/Berinvestasi.Sejak.Muda.Bisakah.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Berinvestasi Sejak Muda, Bisakah? Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top