• Latest News

    Tuesday, February 4, 2014

    Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Pria: Kematian Dini


    VIVAlife - Wanita sering protes mengapa pria tidur lebih lama dan bagun lebih susah. Secara ilmiah, pria memang membutuhkan tidur panjang untuk kelangsungan hidup.

    Fakta ini berbanding terbalik dengan wanita, walaupun memiliki kebiasan tidur buruk, wanita dapat bertahan hidup lebih lama. Terlebih ketika mereka mengasup Vitamin B6 yang ditemukan di dalam daging, pisang, kacang-kacangan, bawang putih dan pistachio.

    Pada wanita, konsumsi vitamin B6 memungkinkan tubuh menggunakan dan menyimpan energi dari protein serta karbohidrat.

    Temuan berasal dari Melbourne Monash University, untuk melihat kontribusi diet terhadap kualitas tidur dan kematian di antara pria dan wanita lanjut usia. Pemimpin penelitian, Emeritus Wahlqvist Mark, mengatakan bahwa tidur memainkan peran yang lebih penting dalam kematian pria daripada wanita.

    "Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan morbiditas dan mortalitas termasuk obesitas, diabetes, penyakit jantung dan penyakit jantung koroner," kata Emeritus Wahlqvist Mark, dilansir Daily Mail.
    Lanjutnya, hasil penelitian menunjukkan hal yang berbeda dari kedua jenis kelamin. Kurang tidur berkorelasi dengan nafsu makan dan kesehatan yang buruk pada wanita. Selain itu, peneliti juga menemukan hubungan antara diet dan tidur, terutama pada wanita.

    Baik pria dan wanita, bisa meningkatkan prospek tidur dengan mengonsumsi makanan yang lebih bervariasi. Pria membutuhkan makanan beragam yang cukup, sedangkan wanita mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B6.

    "Praktek diet yang sehat pada orang tua bisa meningkatkan durasi tidur dan menghasilkan tingkat kesehatan yang lebih stabil," lanjut Walhqvist.

    Sementara itu, pada kaum adam, pola tidur buruk pun menurunkan kemampuan mengunyah, memiliki selera yang buruk, dan kurang melakukan aktivitas fisik. Yang paling mengerikan, kurang tidur berkontribusi pada risiko kematian dini.

    Sumber: http://life.viva.co.id/news/read/478546-dampak-buruk-kurang-tidur-pada-pria--kematian-dini
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Pria: Kematian Dini Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top