• Latest News

    Tuesday, February 4, 2014

    Genap 10 Tahun Hari Ini, Akankah Facebook Berumur Panjang?


    REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Facebook memasuki usia ke-10 tahun pada hari ini, Selasa 4 Februari 2014. Selama satu dekade, situs yang lahir dengan nama 'The Facebook' di sebuah kamar asrama Universitas Harvard tumbuh pesat dari situs pertemanan kampus menjadi media sosial baru yang mampu menghubungkan semua orang di seluruh dunia.

    Mark Zuckerberg, pembuat Facebook, mengaku awalnya tidak pernah membayangkan situs yang dibangun bersama teman sekampusnya menjadi begitu besar atau berpengaruh. Saat ini lebih dari 1,2 miliar orang di dunia menggunakan situsnya setiap bulan, dimana 368 jutanya berasal dari Asia, termasuk Indonesia.

    "Tak ada perusahaan di dunia yang memiliki sumber daya dan jangkauan seperti yang Facebook miliki saat ini," kata Zuckerberg seperti dikutip ComputerWorld.

    Banyak yang meramalkan usia Facebook tidak akan bertambah panjang. Ia disebut akan bernasib sama seperti beberapa media sosial lain yang pernah populer pada masanya, Friendster, MySpace, dan Bebo. Ramalan itu bisa saja menjadi kenyataan, namun sepertinya tidak dalam waktu dekat.

    Pasalnya, pada kuartal keempat, Facebook mencatat peningkatan dramatis sebesar 63% dalam pendapatan. Perusahaan ini mendapatkan total pendapatan sebesar 2,59 miliar dolar AS pada kuartal keempat 2013. Sedangkan untuk laba bersihnya didapatkan sebesar 523 juta dolar AS dengan 2,34 juta dolar AS dari penjualan iklan dan sisanya dari pengguna ponsel. Nilai saham Facebook pun sedang melejit. Perusahaan yang dibangun Mark Zuckerberg tersebut kini berharga 142 miliar dolar AS.

    Kunci keberlangsungan Facebook hingga saat ini memang bertumpu pada inovasi. Salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan layanan mereka lewat perangkat bergerak (mobile). Kini menginjak usianya yang ke-10 tahun, Facebook mencoba menghadirkan satu lagi produk bagi pengguna ponsel. Produk itu adalah pembaca berita mirip Google Reader bernama Paper. Fungsi aplikasi ini seperti surat kabar online untuk melihat dan berbagi artikel dan konten lain dari smartphone.

    Sumber: http://www.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/14/02/04/n0g97u-akankah-facebook-berumur-panjang
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Genap 10 Tahun Hari Ini, Akankah Facebook Berumur Panjang? Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top