• Latest News

    Sunday, February 2, 2014

    Pengungsi Sinabung Makin Resah


    MEDAN - Sejumlah pengungsi Gunung Sinabung semakin resah saat mendengar ada 14 korban tewas diterjang awan panas. Ketakutan juga timbul karena aktifitas Sinabung tidak menentu.

    "Kemarin katanya aktifitas menurun. Eh beberapa hari kemudian ada banjir lahar dingin. Hari ini juga begitu, ada awan panas yang sampai merenggut korban jiwa," kata pengungsi asal Desa Suka Meriah, Kecamatan Payung, Malemta Ginting (32), di Pos Pengungsian Jambur Taras, Brastagi, Minggu (2/2/2014).

    "Enggak ada jaminan kita yang di pengungsian ini juga aman,” tambahnya.

    Hal senada disampaikan Martin Sembiring (42), Kordinator Posko Pengungsi di Loss Kabanjahe Kota.

    Menurutnya pasca tersebarnya kabar tewasnya 14 orang dalam erupsi Sabtu siang, banyak warga yang tidak tenang. Mereka pun terlihat tak bisa tidur, dan hanya mondar-mandir menanti informasi terbaru kondisi Sinabung.

    Biasanya, cerita dia, para pengungsi mulai tertidur pukul 22.00 WIB. Semalam, ada suasan berbeda. Banyak pengungsi yang masih mondar-mandir hingga Minggu, dini hari, karena tidak tenang.

    "Yang minta obat pusing kepala dan gatal-gatal pun semakin banyak. Mungkin karena stres. Kita sudah coba tenangkan dengan menyampaikan bahwa lokasi pengungsian aman. Tapi banyak yang cemas dengan kampung halamannya,” ucap Martin.

    Untuk memberikan rasa aman kepada para pengungsi, Martin dan pengungsi lainnya sepakat untuk terus terjaga secara bergantian. Ada juga yang bertugas memantau kondisi merapi melalui televisi. Setiap pengungsi yang terbangun akan tahu kondisi terakhir Sinabung.

    “Ini sudah kita buat seperti tugas piket. Karena besok masih ada pengungsi yang harus bekerja di ladang di luar radius bahaya,” ujar Martin.

    Sumber: http://news.okezone.com/read/2014/02/02/340/934898/pengungsi-sinabung-makin-resah
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengungsi Sinabung Makin Resah Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top