• Latest News

    Friday, February 7, 2014

    Surutnya Air Laut di Banten Diprediksi Tak Timbulkan Tsunami

    Laut di sepanjang kawasan Perairan Utara Banten Surut

    SERANGSurutnya air laut di sepanjang kawasan Perairan Utara Banten diduga bukan disebabkan gempa. Fenomena itu juga diprediksi tidak akan berpotensi tsunami.

    "Ini faktor alam, gejala-gejala alam, penyebab pastinya saya belum tau. Tapi ini tidak ada indikasi adanya gempa, tidak ada indikasi adanya tsunami. Jadi, ini fenomena alam adanya gaya tarik gravitasi," kata Kepala Informasi BMKG Serang, Tri Tjahjo, di kantornya, Jumat (7/2/2014).

    BMKG Serang pun langsung turun guna melihat kondisi dengan melakukan pemantauan. Di lokasi, petugas BMKG merasa heran dengan kondisi surutnya air laut tersebut.

    Diketahui, fenomena surutnya air laut itu sendiri terjadi sejak Januari lalu hingga saat ini. Biasanya, air laut surut hanya sepanjang 200 meter, tapi kini surutnya hingga sejauh 1,5 kilometer dari bibir pantai. Ikan yang tertinggal di bibir pantai terlihat menggelepar mencari air. Warga dan nelayan menjadi takut untuk turun ke bibir pantai yang surut tersebut.

    Sebelumnya, penyebab fenomena alam ini masih mengundang tanya, dan BMKG Kelas I Serang masih melakukan penelitian. Hasil analisis sementara yang dilakukan BMKG, penyebab surutnya air laut itu dikarenakan adanya gaya tarik bulan.  BMKG juga berkoordinasi dengan pihak lain, untuk mencari tahu penyebab pasti surutnya air laut secara tiba-tiba tersebut.

    Sumber: http://news.okezone.com/read/2014/02/07/340/937372/surutnya-air-laut-di-banten-diprediksi-tak-timbulkan-tsunami
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Surutnya Air Laut di Banten Diprediksi Tak Timbulkan Tsunami Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top