• Latest News

    Tuesday, April 15, 2014

    Partisipasi Warga Ikuti Pemungutan Suara Ulang Menurun

    Pemungutan Suara Ulang - Warga mengikuti pemungutan suara ulang di TPS 5, Dusun Jati, Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (13/4). Pemungutan suara ulang dilakukan karena 10 lembar surat suara pada Pemilu sebelumnya di TPS itu tertukar dengan surat suara untuk daerah pemilihan Kabupaten Sleman.

    JAKARTA, KOMPAS.com- Partisipasi warga untuk mengikuti pemungutan suara ulang (PSU) menurun. Penurunan partisipasi ini ditemukan Komisi Pemilihan Umum di sejumlah daerah yang menggelar pemungutan suara ulang. Sebelumnya, KPU mengklaim, partisipasi pemilih untuk mencoblos ulang akan tetap tinggi. 


    "Yang saya lihat di Cianjur, Jawa Barat sih menurun. Misalnya, satu TPS (tempat pemungutan suara), tadinya (pemungutan suara Rabu, 9 April) 170-an orang, kemarin (saat PSU) 140-an orang yang ikut," ujar Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

    KPU Kabupaten Cianjur menggelar pemungutan suara ulang pada Selasa (15/4/2014) kemarin. Hadar menduga, penurunan partisipasi itu karena pemungutan suara digelar pada hari kerja. Beberapa daerah, kata dia, memang baru dapat menyelenggarakan PSU pada hari terakhir yang diimbau KPU, yaitu 15 April kemarin.

    Sebelumnya, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, partisipasi masyarakat untuk mengikuti PSU relatif tinggi. Ia mengklaim, ada TPS yang PSU-nya diikuti hingga 90 sampai 100 persen pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

    Seperti diberitakan, KPU mencatat sedikitnya 770 TPS yang tersebar di 107 kabupaten/kota di 30 provinsi harus menggelar PSU karena surat suara tertukar pada hari pemungutan, Rabu (9/4/2014) lalu. Beberapa di antaranya telah menggelar pemungutan suara ulang.



    Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2014/04/16/0955432/Partisipasi.Warga.Ikuti.Pemungutan.Suara.Ulang.Menurun?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Partisipasi Warga Ikuti Pemungutan Suara Ulang Menurun Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top