• Latest News

    Saturday, July 5, 2014

    Memilih Makanan Saat Sahur dan Buka Puasa

    Makan Sahur dan Buka Puasa

    Ketika menjalani Ibadah puasa Ramadhan, umat Muslim tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Maka ketika waktunya berbuka, pasti akan sangat senang ketika berjumpa dengan makanan. Akan tetapi sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan selama puasa dengan memilih menu yang tepat ketika sahur dan berbuka.

    Memilih menu makanan sehat sangat penting ketika berpuasa Ramadhan, pasalnya beberapa jenis makanan mengandung gas dan fosfat sehingga menyebabkan gangguan perut dan membuat lambung tidak nyaman. Jika itu terjadi, maka Ibadah puasa yang dijalankan bisa terganggu.

    Gangguan perut kembung yang terjadi saat puasa biasanya terjadi karena salah makan saat sahur atau berbuka. Apalagi untuk penderita maag, makanan yang berlemak seperti goreng-gorengan sangat tidak dianjurkan karena berpotensi menyebabkan gangguan lambung. Baca Cara Berpuasa untuk Penderita Maag.

    Sebaiknya perbanyak minum air putih ketika sahur maupun berbuka untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hindari mie instant selama bulan puasa karena beresiko menimbulkan efek kembung, mual dan muntah sehingga mengganggu Ibadah puasa.

    Untuk dapat menjalani ibadah puasa dengan tenang tanpa gangguan, berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari ketika sahur maupun berbuka:

    1. Makanan yang mengandung gas seperti ubi, sawi, kol, minuman bersoda, pisang ambon dan cokelat sebaiknya dihindari ketika makan sahur. Ketika berbuka, makanan ini boleh dikonsumsi, hanya saja porsinya jangan berlebihan agar tidak membuat perut kembung.

    2. Beberapa makanan yang merangsang produksi asam seperti kopi,  sari buah sitrus, susu full krim merupakan makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari ketika sahur maupun berbuka.

    3. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi seperti kolak, es teler, es buah, coklat dan cake. Jika Anda menginginkan santapan tersebut saat berbuka, pastikan tidak mengandung gula yang berlebihan. Apalagi untuk penderita diabetes, makanan ini sangat tidak disarankan.

    4. Makanan dengan kadar lemak tinggi seperti jeroan, santan dan daging berlemak sebaiknya dihindari ketika sahur maupun berbuka. Sebab makanan jenis ini cenderung sulit dicerna dan menyebabkan gangguan pada lambung.

    Bijaklah memilih menu makanan sehat untuk sahur dan berbuka agar Anda dapat menjalani Ibadah puasa Ramadhan sampai dengan selesai. Makanan yang harus dihindari saat puasa di atas sebaiknya benar-benar dijauhi ketika sahur maupun berbuka agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan Anda.

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Memilih Makanan Saat Sahur dan Buka Puasa Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top