• Latest News

    Monday, September 22, 2014

    Bentrok TNI dan Brimob di Batam 4 Orang Terluka


    BeritaSeharian - Terjadi bentrok dan baku tembak antara TNI Batalyon Infanteri 134 Tuah Sakti dengan anggota Brimob di Markas Komando (Mako) Brimobda Kepri, di Tembesi, Batuaji, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) pada Minggu (21/9/2014) malam.

    Akibat dari kejadian tersebut dilaporkan ada empat anggota Yonif 134/TS terkena peluru dari anggota Brimob. Keempat anggota langsung dilarikan ke RSUD Embung Fatimah untuk dilakukan operasi pengeluaran proyektil peluru.

    Berdasarkan data yang diterima seperti dilansir dari Tribun news, Nama-nama empat anggota yang terkena tembakan itu adalah Praka Eka Basri (anggota Kompi A), Pratu Eko (Kompi Markas), Pratu Ari (Kompi Markas), dan Pratu Ari (Kompi Bantuan) yang semuanya terkena tembakan pada paha sebelah kiri.

    Dari keterangan yang diperoileh dari sumber di Yonif 134/TS terjadi pemukulan kepada oleh Praka Eka Basri sebelum terjadi baku tembak. Kini pihak Denpom telah mengamankan barang bukti gitar yang digunakan untuk pemukulan tersebut.

    Terkait baku tembak tersebut, sejumlah saksi mata baik warga maupun aparat berwenang menyatakan, saling tembak itu pecah sekitar pukul 21.45 WIB.

    Barang lain yang diamankan dari tempat kejadian perkara, satu unit sepeda motor Mio warna hitam BP 5523 FH, motor Honda Beat warna hitam BP 3574 JM, dan lain-lain.

    Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa alasan terjadinya baku tembak antara TNI Batalyon Infanteri 134 dengan Anggota Brimob di Mako Brimob tersebut.

    Kronologi Bentrok TNI vs Brimob di Batam Belum diketahui

    Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Boy Rafli Amar menuturkan, peristiwa tersebut bermula saat Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Kepulauan Riau yang dibantu Brimob Polda Kepulauan Riau melakukan penegakan hukum terkait kasus Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal di sebuah rumah yang berada di Perumahan Cipta Asri Batam, Minggu (21/9/2014) malam.

    Polda Kepulauan Riau saat itu akan melakukan penangkapan terhadap pelakunya berinisial N, sekaligus akan melakukan penyitaan terhadap empat drum BBM solar di lokasi tersebut. Namun pada saat melakukan penegakan hukum situasi berubah, timbul provokasi dari warga sekitar menolak kedatangan anggota Polri yang akan menindak pelaku BBM ilegal tersebut.

    “Ada provokasi di lokasi itu, sehingga gagal mengamankan pelaku dan menyita barang buktinya. Bahkan saat itu cenderung kondisi di lokasi tidak aman buat petugas. Akhirnya anggota Brimob dan anggota Krimsus (Polda Kepri) meninggalkan lokasi,” ungkap Boy di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (22/9/2014).

    Setelah itu, dikatakan Boy terjadi kesalahpahaman antara anggota Polri yang melakukan penggeledahan dengan petugas TNI dari Infanteri 134 Tuah Sakti yang mengakibatkan empat anggota TNI mengalami luka tembak di bagian kaki.

    Pihak Mabes Polri belum bisa menjelaskan secara rinci apa yang sebenarnya terjadi. Tetapi langkah-langkah sudah diambil Polda Kepulauan Riau Brigjen Pol Arman Depari untuk mengetahui kronologi pasti kejadian tersebut.

    “Saat ini Kapolda Kepulauan Riau dan Danrem di sana sedang mengkomunikasikan membuat tim investigasi untuk memastikan kronologis kejadiannya bagaimana,” ungkap Boy.

    Foto : Tribun News

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bentrok TNI dan Brimob di Batam 4 Orang Terluka Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top