• Latest News

    Thursday, September 25, 2014

    Gubernur Riau Annas Maamun Ditangkap KPK Bersama Dollar Singapura


    BeritaSeharian - Gubernur Riau Annas Maamun ditangkap oleh KPK pada Kamis (25/9/2014) sekitar jam 17.30 WIB, Ia tertangkap tangan saat sedang melakukan transaksi dugaan korupsi bersama delapan orang lainnya di kompleks Citra Grand, Cibubur.
    Menurut keterangan konferensi pers dari juru bicara KPK Johan Budi , belum menyampaikan secara gamblang menjelaskan kronologi penangkapan serta perkara dan identitas mereka. Johan hanya menyebutkan kesembilan orang itu adalah Gubernur Riau, pengusaha, sopir, ajudan gubernur, dan sekitar dua anggota keluarga gubernur.

    Sesaat setelah penangkapan, kesembilan orang tersebut sudah dibawa ke KPK untuk menjalani pemeriksaan. Status mereka untuk sementara masih terperiksa.

    “Kami belum bisa membuat kesimpulan sekarang. KPK punya waktu 1×24 jam. Pemeriksaan sedang dilakukan sekarang,” kata Johan Budi.

    Ditemukan Uang Dollar saat penagkapan

    Selain menangkap tangan gubernur Riau, petugas KPK juga mengamankan sejumlah barang bukti.

    Dalam konferensi pers malam ini, juru bicara KPK Johan Budi menyebutkan barang bukti yang disita, antara lain uang dalam bentuk dollar Singapura dan rupiah dari sebuah rumah di Citra Grand.

    Johan menambahkan saat disita, uang tersebut ditempatkan di sebuah tas dan amplop.

    Selain uang, kata Johan, petugas KPK juga mengamankan beberapa mobil.

    Johan belum bersedia menjelaskan berapa jumlah pasti uang yang telah disita. Ia mengatakan uang tersebut masih dihitung petugas, tapi ia perkirakan nilainya sampai miliaran rupiah.

    Saat ditanya jenis dan plat nomor mobil yang disita, Johan juga mengatakan belum dapat menjelaskan karena masih perlu dicek kembali.

    Kesembilan orang tersebut ditangkap petugas KPK dalam operasi tangkap tangan. Saat ini, mereka sudah berada di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan. Status orang-orang itu, sementara ini masih sebagai terperiksa.

    Dalam OTT itu, lanjut Johan, KPK berhasil menyita barang bukti berupa uang cash dollar Singapura, rupiah, dan barang bukti mobil dengan nomor polisi asal Riau. "Bersama dengan itu tadi diamankan uang dalam bentuk dolar Singapura dan rupiah di Rumah Citra Grand Cibubur tadi. Saat ini, sembilan orang sedang dilakukan pemeriksaan. Kami belum bisa jelaskan detail, karena KPK masih punya waktu 1x24 jam untuk mendalami kasus tadi. Tadi bersamaan itu juga diamankan sebuah mobil bernomor polisi Riau,” katanya.

    Busyro Muqoddas, Wakil Ketua KPK, membenarkan bahwa KPK telah menangkap tangan Gubernur Riau Annas Maamun. "Yes (Gubernur Riau), sedang diperiksa 24 jam," kata Busyro melalui pesan singkat, pada Kamis (25/9/2014), seperti dikutip Kompas.com.

    Foto: Annas Maamun, Gubernur Riau (ANTARA FOTO)
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gubernur Riau Annas Maamun Ditangkap KPK Bersama Dollar Singapura Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top