• Latest News

    Wednesday, September 24, 2014

    Ini DIa! Foto Selfie Pertama di Dunia Laku Rp1,3 Miliar


    BeritaSeharian - Sebuah foto potret diri sendiri yang diambil oleh fotografer pertama dunia Oscar Rjelander, dipercaya sebagai foto selfie pertama di dunia, dijual dalam sebuah lelang seharga 70 ribu poundsterling (Rp1,3 miliar).
    Foto penting tersebut yang dibuat pada 1850, sudah ada 200 tahun sebelum selfie mulai populer di era modern. Foto itu ditemukan dalam sebuah buku bersampul kulit berisi 70 foto cetak yang dimiliki oleh fotografer kenamaan asal Swedia itu, tulis Daily Mail.
    Saat sang pemilik buku itu mendekati pelelang Morphets di Harrogate, North Yorkshire, mereka berkata bahwa mereka tidak tahu nilai asli dari buku itu.
    Liz Pepper Darling dari Morphets berkata: “Sang vendor membawa album itu ke kantor dan meminta album itu dijual senilai 100 poundsterling. Kami segera sadar bahwa album itu sebuah album penting saat fotografi masih baru diciptakan.”
    Di antara foto-foto yang ada, terdapat foto istri Rejlander, Hallam Tennyson, putera pujangga Lord Afrred Tennson dan Rejlander sendiri.
    Rejlander memulai karir sebagai pelukis potret sebelum menekuni fotografi. Dia dikenal untuk karyanya “The Two Ways of Life” dibuat dari 32 negatif. Karya ini menimbulkan skandal karena mengandung unsur ketelanjangan. Karya itu muncul lagi setelah Ratu Victoria membeli kopi cetakan untuk Pangeran Albert.
    Rejlander menjual album berisi 70 foto itu pada abad ke-19 kepada Kapten George Browing dan album itu diwariskan lewat keluarga dari pemilik terkini, yang melelang album itu. Walaupun sudah banyak karya Rejlander beredar di pasar sebelumnya, album itu diperkirakan sebagai karya pertama yang Rejlander jual ke masyarakat.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini DIa! Foto Selfie Pertama di Dunia Laku Rp1,3 Miliar Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top