• Latest News

    Sunday, September 21, 2014

    Pentingnya Menyikat Gigi Sebelum Tidur


    BeritaSeharian - Sebagian besar orang, umumnya telah menyikat gigi dua kali sehari, namun hal tersebut biasanya dilakukan ketika mandi. Menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur justru tidak dilakukan, padahal hal itu sangat penting. Melewatkan waktu untuk menyikat gigi sebelum tidur berisiko membuat bakteri semakin bertambah banyak di mulut.
    Melewatkan waktu untuk menyikat gigi sebelum tidur di malam hari tidak hanya membuat nafas menjadi tidak segar, namun juga mempercepat tumpukan bakteri dan timbulnya plak yang dapat mengakibatkan penyakit gusi dan gigi berlubang.

    “Di pertengahan hari, cobalah untuk ‘menyapu’ gusi anda menggunakan lidah, dari sisi kanan ke kiri. Biasanya ada rasa lengket dan seperti ada selubungnya yang mana hal itu merupakan pertanda plak,” ujar juru bicara asosiasi dokter gigi Amerika (ADA), Deepinder “Ruchi Sahota.

    Menurutnya, kebiasaan menyikat gigi adalah kebiasaan yang baik, di mana kegiatan tersebut dapat menyingkirkan bakteri yang menempel pada gusi. Jika bakteri tersebut tidak disingkirkan dengan segera, maka bakteri tersebut dapat merusak gigi.
    Semakin lama sebuah plak yang ada pada suatu tempat yang sama, plak tersebut akan berubah menjadi tartar, yaitu sesuatu berwarna kuning yang keras dan kasar, yang terdapat pada sela-sela gigi. Tartar bisa mengakibatkan radang dan gusi berdarah yang pada akhirnya berisiko menyebabkan gigi tanggal.

    Belum ada batasan yang jelas kapan sebuah plak akan mencapai level terparahnya. Menurut Sahota, menyikat gigi dua kali sehari merupakan langkah yang tepat. “Jangan membiasakan diri menyikat gigi hanya sekali dalam sehari,” tegasnya.

    Selain itu, menyikat gigi dengan teknik yang salah juga bisa menyebabkan dampak yang negatif juga. Sahota menyarankan untuk menggunakan sikat gigi yang bulunya halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Lebih detil lagi, ia menyarankan untuk menyikat gigi kurang lebih selama dua menit dan seluruh bagian gigi harus tersikat dengan baik.

    ADA (American Dental Association) menyaranakan untuk menggunakan benang gigi atau floss setidaknya sekali dalam sehari. Selain itu, berkonsultasi kepada dokter gigi secara rutin juga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini bertujuan agar gigi anda tetap terjaga dan terkontrol kesehatannya. Dokter gigi juga akan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang tidak dapat dibersihkan sendiri, di mana salah satunya adalah tartar tersebut.

    Walaupun bisa membuat napas menjadi segar, namun larutan kumur, permen mint, dan permen karet belum bisa menggantikan peran menyikat gigi.

    Via - http://www.artikelkesehatan99.com/
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pentingnya Menyikat Gigi Sebelum Tidur Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top