• Latest News

    Sunday, September 21, 2014

    Susah Tidur? Makan Nasi di Malam Hari Solusinya


    BeritaSeharian - Jika Anda tidak bisa tidur di malam hari, cobalah ganti menu makanan Anda di malam hari. Para peneliti menemukan bahwa makan nasi dalam porsi banyak bisa membuat kita tidur nyenyak, sementara pasta dan mie bisa membuat kita susah tidur.
    Para peneliti juga menemukan bahwa makan produk roti termasuk roti tawar, pancake dan pizza tidak mempengaruhi kualitas tidur.
    Mereka berkata bahwa makan makanan tinggi glycaemic index (GI) seperti nasi berkaitan dengan kualitas tidur yang baik.
    Makanan tinggi GI mengeluarkan gula di dalam darah lebih cepat, menyebabkan tingkat gula darah naik dan bisa berlangsung dalam waktu lebih lama. Makanan rendah GI di sisi lain, cenderung meningkatkan gula darah yang dalam jumlah kecil dan tidak berlangsung lama.
    Makanan tinggi GI bisa mempengaruhi kualitas tidur karena efek tryptophan, sebuah asam amino yang dikenal karena efek menenangkan dan dihubungkan dengan hormon tidur melatonin.
    Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menyimpulkan bahwa makan makanan tinggi karbohidrat dengan GI tinggi meningkatkan jumlah tryptophan yang dialirkan ke otak dibandingkan asmam amino lain.
    Di otak, tryptophan diubah menjadi serotonin dan lalu menjadi melatonin, yang membantu kita tidur. Menurut penelitian itu, orang-orang di Jepang mengkonsumsi nasi sepuluh kali lebih banyak dibanding orang di Eropa dan Amerika Utara.
    Nasi menyumbang rata-rata 28 persen dari asupan kalori harian orang Jepang. Data yang dianalisa penelitian ini berasal dari uji kesehatan terhadap 1.848 pekerja pabrik (1.164 pria dan 684 wanita).
    Sumber: Daily Mail.
    Via : AktualPost
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Susah Tidur? Makan Nasi di Malam Hari Solusinya Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top