• Latest News

    Wednesday, October 1, 2014

    Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR

    Setya Novanto

    BeritaSeharian - Setelah melalui proses yang amat panjang dari pagi hari hingga dini hari tadi, akhirnya pemilihan Ketua DPR RI periode 2014 - 2019 sudah tepilih yaitu Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR dalam Rapat Paripurna yang digelar dari Rabu 1 Oktober hingga Kamis (2/10/2014) dini hari. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menjadi Wakil Ketua DPR.

    "Dengan demikian, Alhamdulilah para ketua dan wakil ketua terpilih itu sudah kita sepakati dengan bersama, lanjutnya kudu dilantik," ujar pimpinan sidang dari Partai Golkar, Popong Otje Djundjunan.

    Selain Fadli Zon, Wakil Ketua DPR lainnya adalah Agus Hermanto (Wakil Ketua Umum Partai Demokrat), Taufik Kurniawan (Sekretaris Jenderal PAN), dan Fahri Hamzah (Wakil Sekretaris Jenderal PKS).

    Pemilihan pimpinan DPR ini diwarnai hujan interupsi dan aksi walkout dari kubu PDIP, Hanura, PKB, dan Nasdem. Kericuhan pun sebelumnya juga terjadi hingga sejumlah anggota menyambangi meja pimpinan rapat.

    Berbeda dengan proses sebelumnya pada 2009, pemilihan pimpinan DPR ini melalui sistem paket yang diajukan koalisi partai. Setiap koalisi mengajukan 5 nama. Lantaran hanya ada satu paket yang muncul, maka pimpinan rapat langsung menetapkan kelima nama yang terpilih tersebut.

    Paket itu diajukan Koalisi Merah Putih yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PAN, PKS, plus Demokrat. Keenam partai mengajukan paket Setya Novanto sebagai Ketua DPR.

    Jalan Setya pun cukup mulus. Sebab, Koalisi Indonesia Hebat yang diwakili PDI Perjuangan, PKB, Hanura, dan Nasdem mengajukan walkout. Setya pun akhirnya resmi dipilih sebagai Ketua DPR secara aklamasi.

    Editor : Pramdia
    Foto : Antara
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto terpilih menjadi Ketua DPR Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top