• Latest News

    Monday, October 6, 2014

    DPRD DKI Jakarta Resmi Menerima Pengunduran Diri Presiden Terpilih Joko Widodo

    DPRD DKI

    Beritaseharian - Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta yang digelar hari ini, Senin (6/10/2014) dengan agenda memberikan pandangan dari seluruh Fraksi terhadap pidato pengunduran diri Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sudah selesai dilaksanakan, dimana sembilan fraksi yang ada di DPRD sudah menyampaikan pandangan serta seluruhnya menerima permohonan pengunduran diri tersebut.

    “Baru saja kita dengar pandangan fraksi-fraksi, dengan mengacu surat menteri, untuk itu pengunduran diri sebagai gubernur dilakukan dengan dua mekanisme,” kata Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dalam paripurna di kantor DPRD DKI Jalan Kebon Sirih, Jakpus, Senin (6/10/2014).
    Ia membacakan surat dari Menteri Dalam Negeri mengenai mekanisme pengunduran diri Gubernur DKI Jakarta. Dalam surat itu disampaikan adanya UU 23 tahun 2014 yang menggantikan UU 32 tahun 2004 tentang Pemerintah daerah. Dalam surat itu disampaikan pengunduran diri kepala daerah dapat dilakukan melalui DPRD.

    “‎Pemberhentian kepala daerah dan/atau wakil kepala daerah karena permintaan sendiri, diumumkan. Oleh Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna dan diusulkan oleh Pimpinan DPRD kepada presiden melalui gubernur dan/atau wakil gubernur untuk mendapatkan penetapan pemberhentian,” kata Prasetyo mengutip poin dalam surat Mendagri.

    Dari paparan 9 fraksi di DPRD, seluruhnya menyetujui pengunduran diri Jokowi. Karena itu, pimpinan DPRD akan segera mengirimkan rekomendasi penerimaan pengunduran diri Jokowi pada presiden melalui Mendagri.

    “Pimpinan DPRD akan mengusulkan pengunduran diri ke presiden melalui menteri. Dengan berakhirnya pandangan fraksi maka rapat ini bisa diselesaikan sebagai mana mestinya,” tutup Prasetyo yang diakhiri dengan ketukan palu 3 kali.

    Gerinda Memberhentikan Jokowi

    Dengan adanya pengajuan ini, Fraksi Partai Gerindra memutuskan untuk memberhentikan Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta.

    “Dengan ini Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta menyatakan, memberhentikan saudara Joko Widodo sebagai Gubernur,” kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta Abdul Ghoni.

    Catatan yang diberikan oleh Fraksi Partai Gerindra adalah soal adanya isu surat pengunduran diri ini seolah-olah DPRD DKI Jakarta melakukan penjegalan dan memperlambat prosesnya. Hal itu dibantahnya.

    “Itu tidak benar. Tapi lebih karena proses admintrasi penerimaan surat,” tuturnya.

    Selain itu, Fraksi Partai Gerindra memberikan beberapa catatan untuk kasus ini. Bahwa kejadian pengunduran diri dan berhentinya gubernur yang mampu menyelesaikan masa jabatannya sampai akhir periode karena menjadi presiden belum diatur.

    “Sebaiknya diatur lebih tegas,” katanya.

    Kemudian, periodesasi lima tahun masa jabatan gubernur dan kepala daerah juga sebaiknya diatur dalam perundang-undangan dan peraturan yang mengikat.

    “Sehingga jabatan gubernur dan wakil gubernur tidak mudah dilepas begitu saja, tidak hanya dijadikan batu loncatan untuk jabatan lain yang hal tersebut dapat berdampak negatif dalam pembangunan dan pengambilan kebijakan strategis bagi warga Jakarta ke depannya,” tutur Ghoni
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DPRD DKI Jakarta Resmi Menerima Pengunduran Diri Presiden Terpilih Joko Widodo Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top