• Latest News

    Friday, October 3, 2014

    Review Film Haji Backpacker


    BeritaSeharian.com- Satu lagi karya film anak bangsa, Danial Rifki membuat film berjudul Haji Backpacker yang dibintangi aktor serta aktris papan atas tanah air seperti Abimana Aryasatya, Dewi Sandra, Laura Basuki, Laudya Cynthia Bella, Ray Sahetapy, Pipik Dian Irawati, Kenes Andari, Dion Wiyoko, Dimas Argobie.

    Mada (Abimana Aryasatya) adalah seorang pemuda yang dibesarkan oleh kedua orang tua yang taat agama (Ray Sahetapy & Pipik Dian Irawati). Namun, ketika masih kecil ia harus kehilangan Ibunya dan ia tinggal bersama sang ayah. Cobaan pun datang ketika Mada tengah beranjak dewasa. Sofia (Dewi Sandra) yang merupakan teman kecilnya memilih kabur saat Mada hendak mempersuntingnya.

    Terjadilah pergolakan dalam dirinya hingga membuat keimanannya rapuh. Lantas ia memilih pergi ke Thailand dengan tujuan untuk dapat melupakan semua masalah yang tengah menimpanya. Di Thailand, ia bertemu dengan TKI asal Indonesia bernama Maryati alias Marbel (Laudya C. Bella).

    Marbel kemudian menaruh hati pada Mada, namun ternyata Mada hanya menganggapnya sebagai teman wanita biasa.suatu ketika Mada diburu oleh para preman akibat memicu konflik dengan salah satu pemimpin geng preman tersebut hingga memutuskan menuju Vietnam .

    Kondisi kesehatan Mada pun semakin menurun ketika tiba di Vietnam. Ia luntang-lantung sendirian di Vietnam dengan luka sayatan benda tajam yang ia dapatkan ketika berkelahi di Thailand. Hingga suatu malam, ketika Mada beristirahat didalam sebuah kardus ia terbawa dan sampai di negeri tirai bambu China. Disana Mada bertemu dengan Suchun (Laura Basuki). Penganut agama Islam di China. Mada dirawat dengan baik hingga pulih. Ayah Suchun, adalah seorang tabib/ulama setempat. Mada mendapat banyak pencerahan di sana. Hingga tiba saat Mada pulih, ia terus melanjutkan perjalanannya, mencari lagi keyakinan dalam dirinya tentang Tuhannya.

    Mada pun mendapat saran untuk pergi ke India dari tetangga tempat kerja saudara Suchun untuk menemui seorang tabib yang bisa menejermahkan mimpi yang sering didapatkan oleh Mada. Sesampainya di India, Mada pun kembali mendapat pencerahan akan imannya yang sempat luntur. Ia pun kembali melanjutkan perjalanan nya menuju Saudi Arabia untuk menemui seseorang yang sangat berarti didalam hidupnya. Siapakah dia? Apakah dengan semua perjalanan yang telah Mada tempuh bisa kembali mempercayai bahwa Tuhan masih ada untuknya?

    Film bergenre drama ini merupakan film kedua dari Danial Rifki setelah sebelumnya sukses dengan “La Tahzan”. Ia cukup apik dalam film keduanya ini dengan plot dan tema universal untuk seluruh agama, bukan hanya islam namun bagi non-muslim akan merasakan efek yang luar biasa dari film ini. Akting para pemain juga cukup baik, seperti Abimana yang berperan sebagai Mada yang dikecewakan oleh kekasihnya dan berujung berkonflik antara ia dan Tuhan-Nya semakin matang dalam memerankan karakter tersebut. Laudya Cynthia Bella yang berperan sebagai Marbel juga cukup membangun hubungan/chemistry yang baik dengan Abimana. Kredit lebih patut diberikan kepada Laura Basuki yang berperan sebagai Suchun, seorang gadis yang bertemu dengan Mada karena sebuah ketidaksengajaan sangat baik membawakan karakter ini dan sangat baik saat berdialog dengan bahasa mandarin.

    Overall, film Haji Backpacker bukan hanya film bagaimana perjalanan seorang Mada menuju tujuannya ke Baitullah, namun bagaimana menghadapi cobaan yang datang dalam hidup.  Bagaimana proses ia menyelesaikan cobaan dalam hidupnya. Dengan budget produksi yang dikabarkan hingga 11 miliar rupiah, film ini cukup memuaskan dengan visualisasi cantik yang disajikan dari berapa negara-negara yang dijadikan setting dalam Haji Backpacker.

    Cast        : Abimana Aryasatya, Laudya Cynthia Bella, Dewi Sandra, Laura Basuki, Ray                                         Sahetapy, Pipik Dian Irawati, Kenes Andari, Dion Wiyoko
    Director  : Danial Rifki
    Studio     : Falcon Pictures


    Penulis: Media Tawadhu
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Review Film Haji Backpacker Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top