• Latest News

    Monday, October 6, 2014

    Ternyata Parkir Meteran Mampu Raup Rp7 Juta Untuk DKI Dalam Sehari

    BeritaSeharian.com- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan Pemprov DKI memperoleh Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup besar dari diterapkannya aturan meter parkir di Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat.

    Menurutnya, sebelumnya Pemprov DKI hanya memperoleh pendapatan sebesar Rp500 ribu saja per harinya, dari penghasilan retribusi parkir di jalan itu. Namun, setelah aturan meter parkir diterapkan, Pemprov bisa memperoleh penghasilan hingga Rp7 juta per hari.
    "Itu baru pendapatan kotor, belum dibagi dengan operator. Apalagi, saat ini, meter parkir baru diterapkan sampai jam 10 malam kan. Tapi ini artinya bagus kan, penghasilan kita dari itu," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, Selasa 7 Oktober 2014.
    Ke depannya, Pemprov DKI menargetkan untuk bisa mengoptimalkan pendapatan dari retribusi parkir di jalan itu hingga Rp14 juta. Hal itu, baru bisa dicapai bila trotoar di Jalan Sabang (nama lain Jalan Agus Salim) telah selesai diperbaiki dan ditata dengan lebih baik sehingga bisa menyediakan lahan parkiron-street yang bisa menampung lebih banyak kendaraan.

    Bila penerapan aturan ini di Jalan Sabang terbukti bisa membuat penataan lahan parkir lebih tertib dan memberikan pendapatan retribusi yang besar bagi DKI, aturan ini akan segera diterapkan juga di seluruh Jakarta.

    "Kita harapkan, seluruh Jakarta bisa menerapkan peraturan ini. Akan kita beauty contest-kan lagi untuk pengadaan dan pengelolaannya," kata Ahok.

    Terhadap pendapatan yang besar dari penerapan aturan meter parkir tersebut, Ahok mengatakan, jika Pemprov berencana menggunakannya untuk kembali membangun sektor transportasi di Ibu kota.

    "Kita mau masukkan (ke anggaran) supaya bisa kasih bus tingkat gratis ke warga Jakarta," jelas Ahok.

    Seperti diketahui, di 2015, Pemprov DKI akan menerapkan secara penuh berbagai regulasi transportasi seperti electronic road pricing (ERP), aturan penderekan bagi kendaraan yang melakukan parkir liar, serta aturan meter parkir ini.

    Masyarakat akan didorong untuk menggunakan berbagai macam moda transportasi yang tersedia dengan bus tingkat gratis yang baru akan diadakan ini menjadi salah satu sarana transportasi yang diutamakan.

    @Viva.co.id
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ternyata Parkir Meteran Mampu Raup Rp7 Juta Untuk DKI Dalam Sehari Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top