• Latest News

    Thursday, November 13, 2014

    Resmi DPRD DKI Umumkan Ahok Jadi Gubernur


    Beritaseharian.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menyatakan Basuki Tjahaja Purnama resmi menjadi Gubernur di Ibu Kota, menggantikan Joko Widodo. Demikian pengumuman dari Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edy Marsudi, memimpin rapat paripurna pada Jumat 14 November 2014.

    Prasetyo mengatakan, pelaksaan paripurna ini menindaklanjuti hasil rapat pimpinan yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2014 lalu. Agenda pokok paripurna hari ini hanya pengumuman pengesahan pengangkatan Ahok menjadi Gubernur DKI sisa jabatan 2012-2017. Wagub Ahok sejak Oktober lalu berstatus Pelaksana Tugas Gubernur, setelah Jokowi mundur untuk menjadi Presiden RI.

    "Sesuai dengan perpu pemilihan Gubernur, Bupati, Wali Kota, jika terjadi kekosongan Gubernur, maka Wakil Gubernur menggantikan Gubernur sampai dengan masa jabatannya selesai" ujar Prasetyo.

    Dia menambahkan, pada rapat paripurna istimewa tersebut, Prasetyo juga mengumumkan bahwa DPRD saat ini sudah resmi mengusulkan kepada Presiden melalu Mendagri untuk melakukan pengangkatan Plt Gubernur DKI Jakarta.

    "Saya selaku ketua DPRD, dengan ini secara resmi mengumumkan sekaligus mengusulkan pengangkatan Plt Gubernur jadi Gubernur. Ketua DPRD akan mengirim surat ke Presiden dan Mendagri," kata dia.

    Prasetyo menyatakan, kekosongan kursi tersebut bukan merupakan masalah substansi dalam pengumuman Ahok. Pasalnya, DPRD hanya membacakan surat Kementerian Dalam Negeri tertanggal 14 Oktober 2014. "Enggak ada masalah quorum. Payung (hukum) saya Kemendagri," kata Prasetyo.

    Rencana pelantikan Ahok memang memancing kontroversi. Sikap kontra datang dari organisasi massa (ormas) berbasis agama Front Pembela Islam (FPI). FPI bahkan sempat melakukan long march dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Kantor Balai Kota Jakarta untuk menolak pelantikan Ahok sebagai Gubernur Jakarta, seperti yang dilansir oleh vivanews.

    Foto : Twitter @ahok_btp
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Resmi DPRD DKI Umumkan Ahok Jadi Gubernur Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top