• Latest News

    Wednesday, November 26, 2014

    Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal AFF Cup 2014 Dengan Syarat..


    Beritaseharian.com - Terget Juara AFF Suzuki Cup 2014 yang dibebankan ke pundak Garuda Senior nampaknya sulit untuk terealisasi, setelah hasil negatif didapatkan oleh Firman Utina dkk di pertandingan ke-2 saat meladeni Filipina Selasa (25/11) kemarin dengan kekalahan 4 gol tanpa balas.
    Indonesia butuh keajaiban untuk lolos ke semifinal turnamen antara negara-negara Asia Tenggara ini. 
    Filipina, yang pernah menjadi lumbung gol Indonesia ketika melibasnya 13-1 pada Piala AFF 2002 serta disingkirkan pada Piala AFF 2010, justru sudah lolos ke babak empat meski masih menyisakan satu pertandingan. Satu tiket lagi diperebutkan oleh Vietnam dan Indonesia.
    Secara matematis, Sergio van Dijk dan kawan-kawan, yang kini menempati peringkat ketiga, masih bisa lolos ke semifinal. Tetapi, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan, antara lain harus menang besar saat melawan Laos di laga pamungkas, Jumat (28/11), sambil berharap Vietnam, yang pada pertandingan pertama bermain imbang 2-2 melawan Indonesia, kalah dari Filipina.
    Berikut syarat bagi Indonesia dan Vietnam untuk lolos ke semifinal:
    A. Filipina sudah pasti lolos ke semifinal setelah merangkum dua kemenangan (4-1 atas Laos dan 4-0 atas Indonesia).
    B. Vietnam hanya perlu bermain imbang dalam laga terakhir untuk mendampingi Filipina lolos ke babak empat besar, karena saat ini mereka mengumpulkan empat poin sedangkan Indonesia satu. Jika demikian, Filipina menjadi juara grup dan Vietnam runner-up.
    C. Indonesia lolos ke semifinal jika menang besar atas Laos dan Vietnam kalah telak dari Filipina, karena saat ini Indonesia memiliki selisih gol minus empat (-4) dan Vietnam plus tiga (+3). Ilustrasinya, jika Indonesia menang 4-0 atas Laos, maka Filipina harus menang 3-0 atas Vietnam untuk membantu Indonesia lolos, karena meskipun selisih gol Indonesia dan Vietnam nol, tetapi Indonesia unggul jumlah gol memasukkan.
    Pasalnya, di Piala AFF ini ada kriteria penentuan ranking tim di tiap grup, yakni:
    1. Poin tertinggi dari semua pertandingan yang dimainkan di grup.
    2. Selisih gol dari semua pertandingan yang dimainkan di grup.
    3. Gol terbanyak yang dihasilkan dalam seluruh pertandingan yang dimainkan di grup.
    Jika ada dua atau lebih tim memiliki poin sama, termasuk ketiga kriteria di atas, maka ranking ditentukan sebagai berikut:
    1. Hasil pertemuan tim-tim dengan nilai sama.
    2. Diadakan adu penalti, jika hasil pertemuan tim-tim tersebut imbang.
    3. Diadakan pengundian oleh Organising Committee.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Semifinal AFF Cup 2014 Dengan Syarat.. Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top