• Latest News

    Wednesday, December 3, 2014

    Ini Dia! Cara Menghemat Memori di Smartphone Android


    Beritaseharian.com - Memiliki perangkat Android dengan memori terbatas memang menyebalkan. Kapasitas minim buat user tidak bisa melakukan banyak hal. Misalkan akses perangkat lambat atau tidak bisa menyimpan lebih banyak berkas di perangkat “robot ijo”. Bagaimana cara menghemat memori di gadget Android?

    Jika berbicara memori maka ada dua hal terkait itu. Pertama memori internal atau ROM dan memori RAM. ROM terkait kapasitas memori yang dipakai untuk menyimpan data. Misalkan saja aplikasi, game, foto, video, musik, dan lainnya.

    Bagaimana dengan RAM? Adalah memori yang dipakai untuk pomrosesan data. Kian banyak aplikasi dan game yang dibenamkan ke perangkat, umumnya perangkat Android kian lamban. Sebab, aplikasi yang ada menghabiskan kapasitas RAM yang tersedia.

    Untuk menghemat memori di Android bisa dilakukan dengan membeli perangkat dengan RAM besar. Sejumlah vendor ponsel populer umumnya sematkan RAM 1GB bahkan ada hingga 3GB. Bagi yang miliki RAM terbatas, ada tips untuk mengakalinya.

    Membersihkan cache

    Cache miliki fungsi untuk mempercepat proses penggunaan aplikasi. Menghapusnya setidaknya membuat memori internal akan sedikit lebih lega meski hanya beberapa megabita. Caranya, masuk ke Setting – general – Apps – kemudian pilih aplikasi yang ingin dibersihkan cache-nya.

    Pindahkan aplikasi dari memori internal ke eksternal

    Cara ini lebih ampuh sebab memori perangkat akan berkurang. Aplikasi atau game terinstal akan dipindah ke memori internal. Caranya, masuk ke Setting – Apps – Manage Application – lalu pilih aplikasi yang ingin dipindahkan ke “Move to SD Card”.

    Mau cara lebih mudah? Gunakan aplikasi Android yang bisa memindahkan aplikasi dan game terpilih dengan cepat ke SD Card. Sejumlah aplikasi tersebut seperti Move Apps, App2SD Easy, AppMgr, dan masih banyak lagi.

    Memori internal terbatas, pakai cloud

    Cara ini untuk mengatasi bila memori internal terbatas atau menipis. Langkah mudah yakni dengan menginstal aplikasi cloud. Sebut saja Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan masih banyak lagi. Aplikasi yang ada rata-rata berikan layanan gratis namun berikan opsi untuk upgrade ke premium.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Dia! Cara Menghemat Memori di Smartphone Android Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top