• Latest News

    Thursday, December 18, 2014

    Kepolisian Terus Berjaga dan Menghimbau Bagi Pengendara Roda 2 yang Melintas di Jalan Protokol



    Beritaseharian.com - Pembatasan Motor di Ruas Jalan Thamrin-Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat. Bagi Anda warga Ibu Kota, kini bersiaplah untuk beradaptasi dengan kebijakan baru. Pasalnya pemda DKI Jakarta telah melakukan uji coba pembatasan sepeda motor di ruas Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, mulai hari ini Rabu (17/12/2014).


    Uji coba menurut rencana akan dilakukan hingga sebulan ke depan, untuk membatasi kendaraan pribadi di jalan raya dan memaksimalkan angkutan umum secara bertahap. Pemerintah Provinsi DKI siap mengevaluasi uji coba kebijakan itu.

    Dalam konfirmasinya Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Masdes Arofi mengatakan 33 rambu larangan melintas bagi sepeda motor telah dipasang di sejumlah titik menuju ruas tersebut.

    Pada tahap awal ini 10 bus tingkat disiapkan untuk melayani mobilitas, sementara 30 bus transjakarta disiagakan untuk menambah kapasitas angkut. Panjang rute (dua arah) di ruas yang ditutup untuk sepeda motor, kata Masdes sekitar sembilan kilometer.

    Dengan jarak antarbus pengangkut sekitar 10 menit, jumlah bus yang ada diperkirakan cukup untuk mengakomodasi pengendara yang beralih ke angkutan umum. “Jika ternyata kurang bisa, ditambah bus transjakarta” ungkap Masdes Arofi, Selasa 16 Desember 2014.

    Sementara itu menurut informasi dari Kompas yang mengutip survei Dinas Perhubungan DKI Jakarta, jumlah sepeda motor yang melintas di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat pada jam sibuk pagi yakni pukul 06.30-08.30 mencapai 10.500 unit.

    Dari jumlah itu hanya sekitar 20 persen yang singgah di kantor-kantor di ruas itu. Sisanya adalah pengendara yang sekadar melintas, baik menuju Harmoni maupun sebaliknya. Ada sekitar 80 persen yang diperkirakan beralih ke jalur alternatif.

    Dinas perhubungan dan kepolisian menurunkan 268 petugas di jalan-jalan yang diperkirakan dapat limpahan kendaraan antara lain Jalan Mas Mansyur, Cideng, dan Abdul Muis di sisi barat serta Jalan Moh Yamin, Agus Salim, dan Kebon Sirih di sisi timur.

    Sementara itu Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyatakan pembatasan sepeda motor terbuka untuk evaluasi dan perbaikan. Namun Basuki menyiratkan pembatasan harus tetap jalan meski ada persoalan terkait kesiapan lahan parkir dan angkutan pengganti.

    Menurut Basuki pengendara sepeda motor akan mencari alternatif jalan yang paling mudah dan bisa mereka tempuh untuk sampai dan meninggalkan lokasi di wilayah pembatasan. “Ada jalan-jalan alternatif di sekitar lokasi yang ditutup yang bisa dilalui pesepeda motor. Biar uji coba dulu, nanti kekurangannya kami perbaiki” ujarnya (aktualpost)


    _________________
    Foto: Abdul Gofar
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kepolisian Terus Berjaga dan Menghimbau Bagi Pengendara Roda 2 yang Melintas di Jalan Protokol Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top