• Latest News

    Friday, December 5, 2014

    Perda Lemah Faktor Miras Oplosan Marak


    BeritaSeharian.com- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Garut, Anne Nurjanah, mengatakan tewasnya 17 warga setelah menenggak minuman keras oplosan tak lepas dari faktor penegakan peraturan daerah yang lemah. “Ironis sekali karena di Garut sudah ada aturannya,” ujar Anne, Jumat, 5 Desember 2014.

    Anne menunjuk Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2008 tentang Anti-Perbuatan Maksiat, yang memuat soal peredaran minuman keras. Menurut dia, perda telah jelas menyatakan bahwa pemerintah Garut harus mengawasi secara ketat dengan mendata toko penjual minuman keras. Begitu juga perizinan penjualannya.

    Dalam aturan itu disebutkan ada tiga golongan alkohol yang diperbolehkan untuk dikonsumsi masyarakat. Namun yang boleh dijual bebas hanya yang berkadar 1-5 persen. Tapi ini pun penjualannya harus mendapatkan izin dari pemerintah. Perda itu juga mengatur sanksi bagi para pelanggarnya, yakni ancaman kurungan paling lama tiga bulan dan/atau denda paling banyak Rp 50 juta. 

    Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Garut, Suherman, mengakui pengawasan lemah. Dalihnya, kewenangan Satpol PP dalam penegakan Perda Anti-Maksiat itu masih terbatas. 

    Dalam perda itu, Satpol PP hanya bisa melakukan pengawasan. Sedangkan penegakan aturannya hanya bisa dilakukan polisi dan penyidik pegawai negeri sipil. “Karena itu, bila ada pelanggar, Satpol PP hanya bisa melakukan peringatan dan pemanggilan saja.” 

    Dari 17 korban minuman keras oplosan, hampir seluruhnya meninggal di rumah sakit. Hanya satu yang tewas di rumahnya. Korban kebanyakan berusia 15-30 tahun. 

    Polisi telah menahan dan menetapkan suami-istri berinisial R, 52 tahun, dan Y, 40 tahun, sebagai tersangka dalam kasus itu pada Kamis lalu. Mereka diduga sebagai penjual. Adapun minuman yang terbukti mematikan diakui didapat dari penyuplai di kawasan Cicalengka, Kabupaten Bandung, seperti dilansir dari laman tempo.co.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perda Lemah Faktor Miras Oplosan Marak Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top