• Latest News

    Wednesday, December 3, 2014

    WOW! Inggris Mulai Gunakan Bus Tenaga Kotoran Manusia


    Beritaseharian.com - Inggris meluncurkan bus pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar kotoran manusia dan sampah makanan di Bristol, Kamis (20/11/2014). Mesin Bio-Bus, yang berkapasitas 40 penumpang itu, menggunakan energi gas hasil pengolahan kotoran manusia dan sampah makanan di Inggris.

    Bus itu bisa menempuh jarak 300 kilometer jika tangki gasnya diisi penuh. Untuk mengisi penuh tangki bus itu dibutuhkan gas dari kotoran manusia, yang jumlahnya setara dengan kotoran lima manusia selama satu tahun.

    Sejauh ini baru armada milik Bath Bus Company yang menggunakan bus bertenaga kotoran manusia itu, yang mengambil rute dari Bath ke Bristol Airport.

    "Diperkirakan ada 10.000 penumpang yang akan menggunakan layanan ini setiap bulannya, bukan saja untuk pergi ke bandara tetapi juga ke tujuan-tujuan lain sepanjang rute ini," kata Collin Field, salah satu direktur Bath Bus.

    Gas dari kotoran manusia itu diproduksi di pusat pengolahan limbah dan sampah Bristol milik GENeco. Perusahaan itu pekan ini akan menjadi perusahaan pertama di Inggris yang memasok gas dari sampah makanan dan kotoran manusia ke jaringan distribusi gas nasional Inggris.

    "Dengan mengolah limbah dan sampah makanan kami bisa menghasilkan biometana yang bisa memproduksi gas untuk jaringan gas nasional, yang menjangkau 8.500 rumah tangga dan mengoperasikan Bio-Bus," kata Mohammed Saddiq, General Manager GENeco.

    Sementara menurut asosiasi bioenergi Inggris, biomethana ditargetkan bisa memasok sekitar 10 persen kebutuhan gas di Inggris. (Phys.org/AFP)
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: WOW! Inggris Mulai Gunakan Bus Tenaga Kotoran Manusia Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top