• Latest News

    Tuesday, December 29, 2015

    Nikmatnya Liburan Akhir Tahun di Bumi Galunggung

    Gunung Galunggung

    Beritaseharian.com Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 m di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya Berlokasi di Desa Linggajati Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya.


    Setelah terakhir meletus pada Tahun 1982, Panorama alam di sekitar Gunung Galunggung saat ini sangat mempesona. Kawah yang dulu memuntahkan lahar panas, pasir dan bebatuan, kini telah berwujud menjadi semacam danau luas, bening, berair dan tenang serta dikelilingi hutan hijau yang asri Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain: obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektar dibawah pengelolaan Perum Perhutani, berupa air terjun dan kawah.

    Pengunjung diijinkan mengunjungi kawah Galunggung, dan dapat mencapai kawah dengan meniti tangga permanen dengan jumlah anak tangga sebanyak 620 buah. dan kawah ini bisa dijadikan tempat wisata rekreasi air dan tempat pemancingan.


    Untuk menuju lokasi Danau Kawah yang ada di Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya, Anda akan melewati sekitar 620 anak tangga yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Di dasar kawah, Anda dapat menikmati pesona alamnya yang eksotis dan menarik. Di lokasi tersebut juga terdapat sungai dari resapan Danau Kawah, gua, terowongan air menuju Sungai Cibanjaran dan Cikunir, serta masjid.


    Obyek wisata lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air serta tersedia juga tempat bermain anak, panggung hiburan, saung ranggon tempat botram (makan-makan), kios wisata, juga arena camping. Untuk menuju kawasan Galunggung, terdapat tiga alternatif jalan yang dapat ditempuh, yaitu :

    Dari arah Bandung lewat Ciawi, di depan Pasar lama Indihiang, belok ke arah kanan + 12 km.
    Dari arah Bandung lewat Ciawi, setelah jembatan Cikunir (Singaparna) belok ke arah kiri + 14 km
    Dari pusat kota Tasikmalaya langsung ke arah Barat lewat Jl. Bantar-Tawangbanteng, + 17 km

    Walaupun objek wisata Gunung Galunggung sangat berbahaya dan masih aktif hingga saat ini, namun banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang untuk melihat keindahannya. Dengan menaiki kendaraan umum ataupun pribadi dari kota Tasikmalaya, anda dapat sampai di tempat wisata sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Objek wisata ini juga dekat sekali dengan wisata air panas yang terdapat di Cipanas.


    Objek Wisata Gunung Galunggung
    Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan di objek wisata Gunung Galunggung seperti memancing di danau atau kawah, berjalan – jalan menikmati keindahan alam, melihat matahari terbit dan tenggelam dari puncak gunung, dan menikmati kuliner masyarakat sekitar, namun anda tidak boleh melakukan aktivitas berenang di kawah tersebut, karena sangat berbahaya dan mengandung unsur – unsur mistis yang melegenda.

    Jika anda berencana untuk berlibur dengan menikmati keindahan alam dan kesegaran udarannya, objek wisata gunung galunggung dapat menjadi salah satu alternative liburan anda bersama keluarga ataupun teman – teman dengan lebih menyenangkan untuk dilakukan. Biaya untuk berwisata ke tempat ini pun terbilang cukup murah dan terjangkau bagi setiap kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.


    ____________________________
    Editor : Pramdia Arhando
    Foto : Disparbud Tasikmalaya


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Nikmatnya Liburan Akhir Tahun di Bumi Galunggung Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top