• Latest News

    Thursday, April 2, 2015

    Bandung 95 Persen Siap Sambut Peringatan 60 Tahun Konfrensi Asia Afrika

    Konfrensi Asia Afrika 2015

    Beritaseharian.com - AACC2015, Bandung - Kepala Staf Kepresiden RI Luhut B Pandjaitan, selaku Penanggungjawab Panitia Nasional (Pannas), menyatakan Bandung sudah siap 95 persen untuk menyambut Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan dilaksanakan di kota bersejarah ini pada 24 April 2015.

    Hal tersebut disampaikan Luhut saat memeriksa  langsung sejumlah titik kegiatan dalam Gladi Kotor, Rabu (1/4). “Nanti, pada Gladi Bersih tanggal 16 April di Jakarta dan 17 April di Bandung, Presiden Joko Widodo juga akan meninjau langsung sebagai final check,” katanya mengingatkan semua pihak yang terlibat agar menuntaskan pekerjaan masing-masing.

    Turut mendampingi Luhut dalam Gladi Kotor, Menteri Sekretaris Negara Pratikno selaku Ketua Bidang Pelaksana, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara selaku Ketua Bidang Media dan Hubungan Masyarakat, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya selaku Ketua Bidang Side Events.

    Rombongan dari Jakarta tiba di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pada pukul 08:10 WIB, langsung disambut Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar  dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.   Rombongan Panitia Nasional memastikan kesiapan bandara yang akan digunakan sebagai tempat kedatangan para pemimpin negara-negara peserta Peringatan Peringatan KAA.

    “Tolong diperhatikan pengaturan boarding time. Kita sudah menyiapkan empat pesawat Garuda. Kemudian ada sekitar tujuh atau delapan, mungkin masih bertambah, kepala negara yang menggunakan pesawat pribadi. Jangan sampai ada anggapan kita tidak becus sebagai tuan rumah hanya karena masalah boarding time,” papar Luhut kepada jajaran TNI AU dan pihak pengelola bandara lainnya.

    Dari bandara, rombongan kemudian bergerak ke  Savoy Homann Hotel untuk memastikan kelancaran prosesi penyambutan tamu, khususnya kesiapan Holding Room (Grand Ballroom) beserta serangkaian aktivitas penyambutan.

    Rombongan juga memeriksa jalur sepanjang 100 meter di Jalan Asia Afrika, dari Savoy Homann Hotel menuju Gedung Merdeka, yang merupakan lokasi napak tilas Bandung Historical Walk para pemimpin Asia Afrika. Di sini, para tamu negara akan disuguhi hiburan perpaduann musik tradisional Sunda dan orkestra modern yang ditampilkan oleh kelompok orkestra dari TNI.

    Setibanya di Gedung Merdeka,  dilakukan Gladi Kotor untuk sesi foto dan serangkaian prosesi upacara peringatan. Di antaranya, pengaturan waktu bagi Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan, pidato masing-masing satu perwakilan dari Afrika dan Asia, serta satu perwakilan dari negara observer. Di Gedung Merdeka ini juga nantinya Luhut meminta ada narasi dalam bentuk tayangan film yang disampaikan kepada para tamu negara tentang kilas balik KAA 1955.

    Gladi Kotor kemudian  dilakukan di Masjid Raya untuk memeriksa kesiapan masjid yang akan digunakan sebagai lokasi Shalat Jumat. Pada hari peringatan, masyarakat umum tetap bisa mengikuti ibadah Shalat Jumat di Masjid Raya seperti biasa. Hanya saja, ada pengaturan beberapa shaf bagian depan dikhususkan untuk para tamu VVIP. “Peringatan kali ini sangat bersejarah, karena pada 60 tahun yang lalu, KAA juga dilakukan pada Hari Jumat dan para kepala negara juga shalat di sini,” kata Luhut.

    Lokasi Gladi Kotor terakhir adalah Gedung Pakuan. Di tempat kediaman resmi ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memandu rombongan Panitia Nasional yang disimulasikan sebagai para tamu negara untuk makan siang (Luncheon VVIP).

    Rangkaian kegiatan Gladi Kotor bertujuan memastikan kesiapan Kota Bandung  dalam rangka menyukseskan Peringatan 60 Tahun KAA. Panitia Nasional mengundang 109 Kepala Negara dari Asia Afrika serta 16 negara pengamat dan 25 organisasi internasional untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Peringatan KAA yang berlangsung pada 19-24 April 2015 di Jakarta dan Bandung. Tiga kegiatan utama berupa Senior Official Meeting, Ministerial Meeting, dan Leaders Meeting, akan dilaksanakan di Jakarta pada 19-23 April 2015. Sedangkan satu kegiatan utama, yaitu Bandung Historical Walk, dijadwalkan pada 24 April 2015.

    __________________________
    Editor : Pramdia Arhando
    Sumber Asian Africa Confrence
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bandung 95 Persen Siap Sambut Peringatan 60 Tahun Konfrensi Asia Afrika Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top