• Latest News

    Thursday, April 2, 2015

    Hati-hati Berkendara Saat Hujan Mengguyur


    Beritaseharian.com -  Jakarta, Seringkali dalam waktu seharian suatu daerah bisa diguyur hujan lebat terus menerus bahkan hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Dengan guyuran hujan yang lebat tersebut tentunya menghasilkan jalan yang licin, jarak pandang terbatas dan bahkan bisa menyebabkan banjir disuatu tempat tertentu.

    Seperti sore hari tadi hujan yang mengguyur sejak siang hingga tadi sore hari  membuat beberapa ruas jalan raya dijakarta menjadi tergenang air sedalam 20-30 cm.

    Jalan Petukangan Utara, Jakarta Selatan dikejutkan oleh sebuah mobil terperosok ke dalam parit sedalam 1 meter, alhasil membuat kondisi jalan raya menjadi terganggu selama beberapa waktu, untuk mengeluarkan mobil tersebut pengemudi mobil yang terperosok dibantu oleh warga sekitar yang melewati jalan tersebut.



    Menurut pengemudi mobil tersebut, pengemudi tidak mengetahui posisi parit yang tergenang air hujan dan menutupi aspal jalan tersebut, beruntung insiden ini tidak ada korban jiwa, sang pengemudi hanya shock atas insiden yang terjadi.

    Tips Berkendara Aman Saat Hujan

    1. Pertama selalu fokus pada kemudi dan jalanan yang anda lalui, juga hindari mengobrol atau menelfon. Karena jika anda mengobrol ataupun menelpon akan mengurangi konsentrasi pengemudi sehingga akan menimbulkan resiko kecelakaan yang tidak di inginkan.

    2. Kedua selalu jaga jarak kendaraan, dengan mematuhi jarak aman kendaraan anda melalui perkiraan anda maka akan meminimalisir resiko kecelakaan dengan kendaraan didepan anda. untuk mobil pada kecepatan tinggi yang paling aman adalah sekitar panjang enam mobil didepan anda, jika kecepatan rendah bisa kurang dari itu. Sedangkan untuk motor sekitar 5 kali panjang motor, karena motor mudah untuk menghindar. Namun tetap hati-hati dalam melalukan pengereman serta berkendara.

    3. Ketiga sesuaikan kecepatan yang aman, pada saat hujan lebat biasanya pandangan terbatas sehingga anda perlu mengemudikan kendaraan yang tepat dan juga aman tentunya.

    4. Usahakan untuk menghindari rute bajir yang sering terjadi. Kemudikan kendaraan dilajur yang tepat, biasanya ditengah agar dapat menghindari genangan air yang terjadi ditepi jalan. Dan yang pasti gunakan lampu kendaraan yang tepat pada saat hujan yakni memanfaatkan lampu fog lam atau lampu utama dengan mode standar. Jangan lupa untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta mengemudilah dengan hati-hati dan waspada.

    5. Jika hujan cukup lebat, segera kurangi kecepatan laju kendaraan karena pandangan terbatas


    ___________________________
    Reporter : Pandu Prasetya
    Foto         : Pandu Prasetya
    Editor      : Pramdia Arhando


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hati-hati Berkendara Saat Hujan Mengguyur Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top