• Latest News

    Monday, June 15, 2015

    Rasakan Sensasi Kafe Unik Ala “Deaf Fingertalk Cafe”




    Beritaseharian.com - Kafe yang terletak di pamulang ini terbilang unik, dikarenakan semua pekerja atau pramusajinya mengunakan bahasa isyarat. Kafe dengan pramusaji Tuna Rungu baru pertama kali ada di Indonesia. Dissa Ahdanisa selaku pemilik Fingertalk mengaku terinspirasi dari tempat ia bekerja di Nikaragua,Amerika Latin pada 2013 lalu kafe yang mempekerjakan pramusaji ini sangat berbeda dengan kafe lainya,selain menjadi daya tarik tersendiri juga dapat mengurangi pengangguran khususnya untuk pengidap disabilitas tuna rungu. Para tuna rungu mengaku sulit mendapatkan pekerjaan karena banyaknya saingan terutama pada non-tuna rungu.



    Kehobianya mempelajari banyak bahasa membuat pemilik kafe fingertalk ini tertarik untuk mempelajari bahasa isyarat.  Dan memperkuat keinginanya untuk membangun kafe tuna rungu di Indonesia. Banyaknya kritik yang ia dapatkan justru membuat Dissa semakin percaya diri untuk membangun kafe tersebut dan dorongan dari Ibunda tercinta menjadi penyemangat dan memperjuangkan impianya.

    Setelah  kafe ini dibuka ternyata banyak respon positif dari berbagai pihak. Kafe yang buka dari jam 10.00 pagi – 09.00 malam ini  Selain menyajikan berabagi menu makanan  yang membuat nyaman para pengujunganya dengan sambutan hangat para tuna rungu itu sendiri. Selain kafe Fingertak ini terdapat sebuah workshop yang mempekerjakan pengidap disabilitas tuna rungu. Workshop yang menjual berbagai macam kerajinan tangan seperti tas,dompet,boneka,dll

    “kafe ini sangat membantu saya dan teman-teman saya yang awalnya sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Saya senang karena sekarang kafe ini sudah banyak diketahui orang sehingga membuat ramai kafe ini” ucap Nurul salah satu pramusaji Tuna Rungu di Fingertalk dengan menggunakan bahasa isyarat.


    Ibunda dissa (kiri) Dissa Ahdanisa (kanan) para pramusaji tuna rungu (belakang)



    Berbagai menu yang disajikan di kafe Fingertalk ini tidak kalah hebat dengan kafe lainya. Salah satu andalanya adalah Chicken Garlic With Sauce. Menu ini menjadi menu andalan di kafe ini dengan harga mulai dari Rp. 30.000 kita dapat menikmati menu sehat ini. Menu ini lain dari yang lain karena dimasak oleh cheff yang juga mengalami disabilitas Tuna rungu. Dan makanan ini tidak kalah hebat dengan kafe dengan pramusaji lainya.

    Khairunnisa Dwi Asyatika


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rasakan Sensasi Kafe Unik Ala “Deaf Fingertalk Cafe” Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top