• Latest News

    Thursday, September 3, 2015

    Bahasa Indonesia Masuk Pelajaran Wajib di Australia



    Beritaseharian.com- Bahasa Indonesia menjadi pelajaran wajib bagi Sekolah Dasar di Australia, selain wajib berbahasa Inggris, di Newport Lakes Primary School (NLPS).

    Duta Mahasiswa Bahasa Jawa Barat pada tahun 2013, Maulana Cepri di Bandung, Kamis, mengatakan pada bulan Juli untuk Agustus 2015 ia memiliki kesempatan untuk menjadi pembicara sebagai guru Indonesia di NPLS. Rupanya, disana Indonesia menjadi mata pelajaran wajib.

    "Mereka mengakui Indonesia sebagai negara berkembang dan memiliki potensi untuk menjadi negara kuat dan berpengaruh di masa depan," katanya menirukan kata-kata dari NPLS, Kamis (2015/03/09).

    Menurut Cepri, Indonesia memiliki keuntungan, yaitu mudah untuk dipelajari dan berbanding terbali daripada bahasa populer di dunia, seperti Inggris, Perancis, atau Jerman.

    "Apa yang tertulis seperti yang diucapkan, dalam bahasa Indonesia juga tidak diketahui stratanya sehingga dapat digunakan setiap saat dan pada semua orang," kata mahasiswa dari bahasa Inggris.

    Dia memiliki kesempatan untuk mengajar bahasa Indonesia di Australia dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh UPI bekerjasama dengan Sekolah Newport Lakes Primary School (NLPS) dan Balai Bahasa dan Budaya Indonesia Vicrotia / Tasmania (BBBIVT).

    "Peserta melewati beberapa tahap seleksi dan pada saat itu saya berhasil lolos. Program ini membuat saya lebih bangga berbahasa Indonesia," katanya.

    Dia menyesalkan penggunaan bahasa Indonesia sering dianggap kurang "gaul" bukan bahasa Inggris di kalangan anak muda Indonesia, terutama di media sosial.

    #bahasaindonesia #pelajar #australia


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bahasa Indonesia Masuk Pelajaran Wajib di Australia Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top