• Latest News

    Thursday, September 3, 2015

    Bersiap, BMKG Prediksi Musim Kemarau Tahun Ini Lebih Panjang


    Beritaseharian.com-  Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Andi Eka Sakya menyampaikan bahwa El Nino akan terjadi Indonesia pada tahun 2015 dan akan lebih menguat untuk dan mencapai puncaknya dalam dua bulan ke depan.

    "Musim kemarau akan lebih panjang pada tahun 2015 dibandingkan tahun 2014 sebagai akibat dari munculnya El Nino dan menyebabkan awal musim hujan 2015-2016 akan mengalami kemunduran," menurutnya, di Jakarta.

    Dia menjelaskan bahwa kondisi itu disebabkan karena El Nino tahun ini yang telah mencapai tingkat yang moderat dan diprediksi akan menguat pada bulan Agustus sampai Desember 2015. El Nino adalah fenomena alam terkait dengan meningkatnya suhu permukaan laut melebihi nilai rata-rata di Samudera Pasifik sekitar ekuator, yaitu disekitar Chili, Peru, dan Amerika Latin.

    Peristiwa ini berdampak pada kemarau panjang di beberapa daerah di Indonesia, terutama Indonesia bagian timur dan wilayah yang terletak di Lintang Selatan, seperti Sumatera Selatan, Lampung, Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, dan Papua selatan.

    Andi dalam keterangannya menjelaskan bahwa El Nino berbeda dengan gelombang panas.
    El Nino berdampak kekeringan yang memperpanjang musim kemarau. Perkiraan lama waktu sebagai dampak bagi Indonesia berkisar antara 4-5 bulan. Hal ini disebabkan efek dinetralisasi oleh musim hujan.


    #musim kemarau #bmkg #elnino


    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bersiap, BMKG Prediksi Musim Kemarau Tahun Ini Lebih Panjang Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top