• Latest News

    Friday, December 11, 2015

    Bus Wisata nan Unik Ini Siap Antarkan Anda Keliling Kota-kota Besar di Indonesia!





    Beritaseharian.com - Sudah taukah anda harus berkunjung kemana pada hari libur? Tanpa harus mengeluarkan banyak kocek, kalian bisa mendapatkan perjalanan unik dan nyaman, serta mendapatkan pengetahuan baru saat berlibur.

    Liburan, ya liburan memang selalu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, bagaimana tidak, liburan selalu menjadi waktu  dan momen yang berharga untuk keluarga, kerabat terdekat hingga pasangan, liburan juga menjadi ajang melepas penat terutama untuk para pekerja dan juga mahasiswa yang rutinitasnya selalu dikantor dan kampus, pada kali ini beritaseharian.com akan membahas informasi seputar travel mengenai bus-bus wisata yang siap mengantarkan ada keliling diberbagai kota besar di Indonesia pada weekend atau momen liburan tiba. Bukan hanya diluar negeri saja Indonesia juga punya dong.

    Bus wisata jadi opsi tepat untuk berkeliling dan mengenal tempat-tempat wisata di sebuah kota. Biasanya, bus wisata punya rute melewati tempat-tempat bersejarah sekaligus ikon kota tersebut.

    Setidaknya ada 5 kota di Indonesia yang punya bus wisata.


    1. Jakarta saat ini meemiliki sarana transportasi yang khusus melayani bagi anda yang ingin berwisata keliling kota Jakarta dengan menggunakan bus tingkat yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara Gratis bagi siapa saja yang ingin berwisata mengelilingi kota Jakarta, namun bagi anda yang ingin menggunakan fasilitas bus wisata ini anda harus memperhatikan jadwal dan juga tempat pemberhentian bus wisata ini, karena tidak semua halte bus wisata ini berhenti menaiki dan menurunkan penumpang.

    2. Bandung adalah salah satu kota dengan bus wisata yang keren. Bandung Tour on Bus. Bus Bandros adalah bus wisata unik yang dibuat untuk berwisata keliling Bandung. Dengan tiket Rp 10.000, kita sudah bisa berkeliling Bandung dan mengenali beberapa spot-spot bersejarah. Rute Bandros meliputi beberapa daerah bersejarah kota Bandung seperti Jalan Diponegoro, Jalan Sulanjana, Jalan Dago, Jalan Merdeka, Jalan Lembong, Jalan Asia Afrika, Jalan Braga, Jalan Sunda, Jalan Sumbawa, Jalan Flores, juga Jalan Riau.

    3. Solo, Werkudara, begitu nama bus tingkat wisata berwarna merah di Kota Solo. Sama seperti bus wisata di dua kota sebelumnya, Werkudara bisa dinaiki secara gratis. Perjalanan Werkudara dimulai dari Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustaka dan sejumlah tempat lainnya. Werkudara wara-wiri di kampung halaman Jokowi itu mulai 20 Februari 2011. Menurut situs resmi Pemkot Solo, Bus Werkudara diadakan untuk mengenang nostalgia bus tingkat yang dulu ada di Solo. Tiket Bus Werkudara dipatok Rp 20.000. Bus ini beroperasi pada Sabtu, Minggu dan hari libur.

    4. Semarang, Bus wisata di Semarang, Jawa Tengah bernama Semarjawi. Bus 2 tingkat yang telah beroperasi sejak Maret 2015 lalu ini membawa wisatawan jalan-jalan di kawasan Kota Lama dan sekitarnya. Bus ini start dari Taman Srigunting samping Gereja Blenduk. Tiga titik berhentinya di kantor pos, Marabunta dan Gereja Katolik Gedangan. Tur naik bus wisata ini berlangsung sekitar 40 menit. Selama perjalanan, ada seorang pemandu yang akan bercerita tentang sejarah berbagai bangunan kuno di kawasan Kota Lama. Semarjawi ini akan berhenti sekitar tiga menit di tiga titik, yaitu kantor pos, Gedung Marabunta yang dulunya dipakai sebagai teater, serta gereja Katolik Gedangan.

    Semarjawi beroperasi setiap hari Selasa sampai Minggu, harga tiketnya Rp 10 ribu pada hari biasa dan Rp 15 ribu di akhir pekan. Pada hari Selasa hingga Minggu, bus beroperasi sejak sore hingga malam. Sedangkan Sabtu dan Minggu ada jadwal tur pukul 08.00 WIB pagi.

    5.Surabaya lain halnya dengan kota-kota sebelumnya, bus wisata di Surabaya bukan dikelola oleh pemerintah. Surabaya Heritage Track, begitu nama bus berwarna merah tersebut, adalah milik House of Sampoerna. Bus ini menyusuri kawasan bersejarah di sekitar Kota Lama Surabaya, beroperasi hari Selasa-Minggu. Ada 3 rute yang dilewati setiap hari, masing-masing berdurasi 1-1,5 jam. Jadwal bus yang mengangkut para wisatawan dimulai pada pukul 09.00-10.00 WIB, 13.00-14.00 WIB, 15.00-16.00 WIB. Gratis!




    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    3 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Bus Wisata nan Unik Ini Siap Antarkan Anda Keliling Kota-kota Besar di Indonesia! Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top