• Latest News

    Sunday, February 28, 2016

    5 Poin Penting Dalam Mendidik Anak

    Ibu dan Anak
    Beritaseharian.com - Mempunyai anak adalah impian dari setiap orang tua, apalagi jika memiliki anak yang baik dalam bersikap, cerdas, dan patuh merupakan nilai tambah, tapi dibalik anak yang bersikap baik ada peranan orangtua yang sangat penting, pola asuh anak, hingga pendidikan yang diajarkan kepada si buah hati menjadi faktor tumbuh kembangnya si buah hati tercinta.

    Lantas bagaimanakah cara mendidik anak yang baik dan benar?. Secara teori hal itu tampak mudah dilakukan namun dalam penerapanya tidak semua orangtua berhasil melakukanya.
    Di saat ini, peran orang tua sangat diperlukan agar apa yang telah dipelajari si anak dapat ia kembangkan dengan cara bercerita. Berikut beberapa hal agar kita menjadi pendengar yang baik bagi si buah hati :

    1. Luangkan waktu
    Sediakanlah waktu khusus untuk mendengarkan cerita si buah hati dan pastikan mereka tidak merasa kekurangan waktu bersama kita. Hal dasar untuk menjadi pendengar yang baik adalah meluangkan waktu sesibuk apapun kita. Karena itu si buah hati akan merasa diperhatikan dan disayangi oleh orangtuanya.

    2. Beri tanggapan
    Berikan tanggapan agar anak merasa bahwa kita tertarik dengan ceritanya yang ia sampaikan, si anak akan melihat tatapan mata dan gerak tubuh  yang dapat menjadi indikasi bahwa kita merespon ceritanya.
    Ketika kita mendengarkan cerita anak sambil melakukan kegiatan apapun, pastikan kita memberikan tanda bahwa kita memang mendengarkan dengan serius meskipun kita tidak menatap matanya.

    3. Berikan pertanyaan
    Dengan memberi tanggapan berilah sedikit pancingan kreativitas anak dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mampu membuat mereka lebih antusias dalam bercerita, dan juga berikan  pertanyaan mengenai apa yang telah ia pelajari dan lakukan hari ini, dengan ini si buah hati akan senang menceritakan apa yang telah ia lakukan dan pelajari.

    4. Ajarkan yang baik bila ada yang salah
    Anak biasanya mengucapkan perkataan yang salah. Ketika mereka mengucapkan kata-kata dengan salah, jangan ditertawakan ataupun menirukannya, contohnya anak tidak bisa berkata ‘komputer’ melainkan ‘komputel’, kita harus segera mengoreksi ucapannya, agar ia dapat belajar dari kesalahannya.
    Jangan pula menggunakan bahasa kekanakan-kanakan yang tidak jelas dengan maksud menyesuaikan gaya bicara mereka. Jika kita melakukannya, kita telah memberikan contoh bahasa yang salah kepada anak. Begitu pula bila anak mengucapkan kata-kata yang tidak pantas, berikan koreksi pada mereka dan beri tahu bahwa kata-kata tersebut tidak pantas diucapkan.

    5. Berikan solusi cerdas pada anak
    Anak sejatinya akan melaporkan atau “mengadu” pada orang tua jika disekitarnya da yang membuatnya tidak nyaman dalam keseharian, contoh ketika anak menceritakan kenakalan teman-temannya, jangan mengompori mereka untuk bertindak nakal maupun membalas dendam. berikanlah solusi agar mereka dapat menyelesaikan masalah di sekolah atau taman bermain tanpa mengadu domba mereka, dengan itu solusi cerdas yang orang tua berikan pada anak.
    Katakanlah pula apa yang harus dilakukan ketika anak menghadapi sesuatu. Ingat, orang dewasa adalah panutan bagi anak-anak. Maka berikan contoh baik dan bijak kepada mereka, bukan malah menjerumuskan dengan mengikuti ego dan emosi orang tua.

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 5 Poin Penting Dalam Mendidik Anak Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top