• Latest News

    Thursday, February 18, 2016

    Resmi! Rio Haryanto Pembalap Indonesia Pertama di Formula 1

    Rio Haryanto / Antara Foto

    Beritaseharian.com - Rio Haryanto akhirnya masuk dalam jajaran pebalap yang tampil di ajang Formula 1 untuk musim 2016. Tim Manor Racing mengumumkan Rio menjadi pebalapnya dan mengisi kursi lowong untuk satu musim ke depan.

    Kepastian ini disampaikan Pertamina sebagai sponsor utama Rio di Gedung Pertamina, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/2). Dalam acara tersebut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, serta Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto. Hal ini menjadi torehan sejarah baru di dunia Formula 1 khususnya Indonesia, karena baru pertama kali pembalap asal Indonesia resmi mengikuti ajang balapan mobil super cepat.

    Selanjutnya, Rio akan bertolak ke Barcelona untuk mengikuti pra-musim dan juga peluncuran resmi tim Manor pada 22 Februari.

    Rio akan bergabung dengan pebalap lain yang sudah teken kontrak sebelumnya di Manor, Pascal Wehrlein, asal Jerman. Manor sendiri adalah salah satu tim privateer di F1 yang tahun ini berganti kepemilikan, menggunakan mesin Mercedes-Benz, dan dibantu Williams untuk urusan girboks.

    Rio adalah pebalap 23 tahun yang musim lalu turun di ajang GP2. Sepanjang musim 2015, Rio sukses tiga kali naik podium sebagai juara pertama sehingga dilirik tiga tim Formula 1. Manor Racing, tim yang berbasis di Inggris, kemudian memberikan tawaran resmi.

    Rio juga sempat beberapa kali menjajal mobil Manor, termasuk ketika tes ban Pirelli di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada Desember lalu.

    Pertamina selaku sponsor utama Rio telah mencairkan dana sebesar 5 juta euro (sekitar Rp 75 miliar). Race Director Manor, Dave Ryan, menjamin Rio tidak akan berbagi kursi dengan pebalap lain.
    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Resmi! Rio Haryanto Pembalap Indonesia Pertama di Formula 1 Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top