• Latest News

    Saturday, March 5, 2016

    Jangan Cuma Olahraga Rutin, Cek Kesehatan Juga Perlu

    Olahraga

    Beritaseharian.com - Masa kini olahraga tentu sudah menjadi gaya hidup, sudah banyak orang yang mengerti akan pentingnya berolahraga demi menjalani hidup yang sehat dan terhindar dari segala penyakit yang  tidak diinginkan.

    Namun, perlu diingat, rutin berolahraga belum tentu menjamin bahwa tubuh akan benar-benar sehat. Pola makan yang sehat dan teratur serta waktu istirahat yang cukup juga turut memengaruhi kesehatan tubuh kita. Tidak cukup hanya berolahraga, untuk memiliki tubuh yang sehat, banyak hal harus dilakukan.

    Untuk mengetahui apakah tubuh benar-benar sehat, salah satu caranya adalah dengan rutin melakukan medical check up. Mengapa medical check up sangat perlu dilakukan?

    Medical check up atau cek kesehatan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi tubuh dan penyakit-penyakit yang mungkin ada di dalam tubuh. Banyak orang meremehkan cek kesehatan ini dan baru melakukannya saat sudah terserang penyakit tertentu atau sedang dalam masa penyembuhan. Akibatnya mungkin bisa fatal jika penyakit yang baru diketahui belakangan adalah penyakit yang parah. Jadi, sebaiknya melakukan pencegahan dini sebelum penyakitnya semakin parah.

    Sedia Payung Sebelum Hujan

    1. Status kesehatan

    Dengan mengetahui status kesehatan, anda bisa mengantisipasi kalau ada bibit-bibit penyakit. Sebagai contoh: tes darah dapat berguna untuk mengetahui level gula dalam tubuh sehingga tahu apakah berpotensi terkena diabetes atau tidak.

    2. Mencegah penyakit

    Dengan  mengetahui status kesehatan anda, dapat sesegera mungkin mencegah timbulnya penyakit, khususnya penyakit kronis. Katakan jika anda sering mengalami infeksi pada amandel. Perlu diketahui bahwa infeksi pada amandel bisa mengakibatkan sakit pada ginjal. Jika ginjal sakit maka berpengaruh buruh pula tekanan darah jadi tinggi (hipertensi). Oleh karena itu, guna mencegah penyakit yang lebih parah, anda segera mendapat pengobatan pada amandel.

    3. Memantau riwayat penyakit

    Dengan tes kesehatan, penderita penyakit diabetes bisa memantau riwayat dan perkembangan penyakitnya. Jadi, khususnya mereka yang telah punya penyakit terlebih dahulu memang benar-benar butuh check-up rutin. Mereka akan tahu langkah-langkah apa saja yang perlu diambil guna mencegah penyakit semakin parah.

    Cek kesehatan dapat dilakukan mulai usia 20-an dan ulangi setiap setahun sekali. Beberapa ahli menyarankan untuk melakukan cek kesehatan 2 tahun sekali jika Sahabat berusia antara 20 sampai 30-an dan 1 tahun sekali jika berusia 40-an dan lebih. Namun, lebih baik lagi jika sahabat rutin melakukan cek kesehatan setiap tahun. Semakin dini melakukannya, semakin cepat pula langkah pencegahan yang bisa menghindari berbagai penyakit.

    __________________________________________
    Berbagai Sumber
    Foto : lighthouse-indonesia.com

    • Berita Seharian Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jangan Cuma Olahraga Rutin, Cek Kesehatan Juga Perlu Rating: 5 Reviewed By: Berita Seharian
    Scroll to Top